Gaya Hidup Buruk Percepat Penurunan Kesuburan Pria

Torie Natalova    •    Kamis, 03 Aug 2017 12:15 WIB
studi kesehatan
Gaya Hidup Buruk Percepat Penurunan Kesuburan Pria
(Foto: Redonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita yang telah memasuki usia paruh baya mungkin akan mengkhawatirkan datangnya menopause yang mempengaruhi kesuburan. Ternyata tak hanya wanita, pria juga harus waspada dengan penurunan tingkat kesuburan di usia lanjut.

Para ahli memperingatkan bahwa faktor gaya hidup modern termasuk diet, stres dan polusi udara bisa mempercepat penurunan sperma pria hingga 60 persen dalam kurun waktu 40 tahun terakhir, terutama untuk pria yang hidup di Amerika bagian barat.

Mereka sepakat bahwa jumlah sperma dan parameter semen lainnya dikaitkan dengan beberapa pengaruh lingkungan, termasuk faktor kimia, pestisida, panas dan gaya hidup seperti merokok juga indeks massa tubuh.

Beberapa bahan kimia sebelumnya dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma termasuk beberapa bahan yang digunakan untuk membuat plastik tertentu. Diet tinggi kafein, daging olahan, kedelai dan kentang, juga dianggap mempengaruhi kesuburan pria.

Namun, hasil temuan ini masih tetap membutuhkan penelitian lebih lanjut. Bagi Anda para pria yang khawatir dengan kondisi kesuburan, penting untuk menghindari merokok dan menjaga berat badan tetap stabil agar tidak mengalami obesitas.




(DEV)