Tips Cegah Masalah Rambut di Musim Hujan

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Jun 2017 11:07 WIB
tips & trik
Tips Cegah Masalah Rambut di Musim Hujan
(Foto: Stylecraze)

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim hujan bukanlah musim yang baik untuk kesehatan rambut. Udara lembab membuat rambut cenderung lepek dan kering pada bagian kulit kepala. Meski demikian, Anda tak perlu bingung. Sara VJ selaku pendiri Max Hair Studio di India punya tips agar rambut tetap indah sepanjang hari.

1. Menjaga rambut tetap lembab

Saat musim hujan, kulit kepala cenderung kering. Cobalah gunakan minyak kelapa agar tetap lembab dengan cara mengoleskannya di kulit kepala dan gunakan sisir agar lebih merata. Selain itu, panaskan campuran antara setengah sendok teh minyak jarak dengan minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala agar tekstur dan pertumbuhan rambut semakin baik. Diamkan semalaman dan cuci rambut dengan sampo keesokan harinya.

2. Menghindari ketombe

Campurkanlah dua sendok teh minyak kelapa, sari dari dua buah lemon dan satu buah jeruk; kemudian lapisi kepala dengan handuk setelah mengoleskan campuran tersebut ke rambut. Setelah 15-20 menit, cuci rambut dengan sampo. Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan meluruskan rambut dengan pemanas dari besi untuk mencegah munculnya kotoran rambut tersebut.

3. Menghindari rambut rontok

Jangan menggunakan terlalu banyak kondisioner dan bahan kimia berat dimana penggunaan keduanya tak harus digunakan setiap kali Anda keramas. Musim hujan membuat rambut cepat kering sehingga cepat rontok. Selain itu, hindari mewarnai rambut karena dapat membuatnya lebih cepat kering dan menyisir rambut dalam keadaan basah dengan menggunakan sisir kayu.

4. Rambut lebih kuat

Konsumsi makanan sehat dapat membuat folikel rambut semakin kuat, terutama makanan tinggi protein dan zat besi. Beberapa diantaranya adalah telur, dadih, ikan, wortel, dan sayuran berdaun hijau. Selain itu, tidur cukup sekitar enam sampai tujuh jam juga berdampak baik pada folikel rambut. Kurang tidur dapat menyebabkan stres yang merupakan salah satu penyebab utama rambut rontok.


(DEV)