Sering Lemas dan Mengantuk saat Berpuasa? Ini Tips untuk Mengatasinya

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 16 Jun 2017 08:00 WIB
ramadan 2017
Sering Lemas dan Mengantuk saat Berpuasa? Ini Tips untuk Mengatasinya
Agar tubuh tidak lemas dan mengantuk saat berpuasa, dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B1 dan C ketika sahur (Foto:Gdnimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengantuk dan lemas kerap dialami oleh orang yang sedang berpuasa. Hal ini terjadi karena sepanjang menjalankan puasa, metabolisme tubuh berubah. Perubahan pola tidur dan menurunnya kadar glukosa dalam darah membuat otak sulit berkonsentrasi.

Berkurangnya kadar gula darah dan zat besi juga menyebabkan seseorang mengantuk saat siang hari. Hal ini biasanya disebabkan asupan zat besi dan vitamin yang kurang saat sahur. Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan makanan yang Anda santap ketika sahur agar stamina terjaga selama berpuasa seharian

Guna menjaga stamina dan mencegah rasa lemas dan mengantuk saat siang hari, Anda dianjurkan menyantap makanan yang tepat saat sahur, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B1 dan C.

Berikut ini, tujuh makanan yang sehat, mengandung ketiga vitamin tersebut serta sumber energi yang baik agar tubuh bugar dan tidak lemas selama berpuasa.

1. Oatmeal


 
Oatmeal merupakan salah satu sumber energi yang rasanya lezat, serta kaya akan karbohidrat dan vitamin B1. Manfaat vitamin B1 (tiamin) salah satunya dalah mengubah karbohidrat menjadi glukosa supaya menghasilkan energi. Sajikan semangkuk oatmeal dengan irisan pisang, kenari, dan taburi kayu manis untuk menambah cita rasa.

2. Beras Merah

Beras merah mengandung protein, karbohidrat dan sumber energi yang baik karena mengandung vitamin B1, sehingga membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari.Keuntungan lain yang Anda dapat dari beras merah ialah membantu menurunkan berat badan.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan menjadi salah satu sumber makanan yang tak boleh ketinggalan saat santap sahur. Sebab, kacang-kacangan mengandung vitamin B1 yang membantu meningkatkan energi ketika berpuasa, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Contoh, kacang almond dan kenari, mengandung lemak baik sehingga membantu merasa kenyang lebih lama.

4. Yoghurt



Yoghurt mengandung vitamin, laktosa, dan protein esensial yang membantu meningkatkan dan mempertahankan energi. Anda bisa menambahkan granola, kacang-kacangan, atau buah untuk mendapatkan rasa yang menggugah selera.

5. Kuning telur

Kuning telur mengandung vitamin B dosis tinggi yang bila dikonsumsi akan mengubah makanan menjadi energi. Sajikan kuning telur dengan cara direbus dan makan selagi hangat.

6. Ikan dan daging ayam

Salmon asap, tuna kaleng, dan ikan sarden dinilai sebagai beberapa makanan paling sehat di dunia. Bila Anda memilih menu ikan untuk sahur, hindari untuk menggorengnya, karena makanan yang digoreng akan membuat perut kembung dan terasa haus. Selain ikan, Anda bisa memilih menu ayam, yang juga merupakan sumber protein dan membantu tubuh memeroleh pasokan energi.

7. Buah dan sayur


 
Buah dan sayur tak kalah penting untuk dikonsumsi ketika sahur. Makanan kaya sumber serat dan vitamin ini akan menghidrasi tubuh karena kandungan air di dalamnya. Beberapa sayur dan buah yang direkomendasikan dimakan saat sahur yaitu semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, bayam, seledri, dan selada.

Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin A, C dan B1 pada minuman Buavita. Lengkapi santap sahur dan berbuka puasa Anda dengan Buavita Mango, karena di dalamnya mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk menambah energi dan menjaga daya tahan tubuh.

Minuman buah ini mengandung tiga kali lebih banyak buah, teksturnya lebih kental dan terasa kesegaran buahnya. Tak hanya itu saja, Buavita juga bisa dikreasikan menjadi sajian istimewa untuk keluarga dan membuat hidup sehat menjadi lebih mudah untuk dijalani.

Untuk memperoleh #NikmatnyaKebaikan Buavita, Anda bisa memilih beberapa varian rasa selain Mango. Antara lain Guava, Lychee, Orange, Apple, Sirsak, Sunshine Carrot, Chloro Broccoli dan Mix Berries untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian saat berpuasa.


(ROS)