Kenali Tremor dan Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Apr 2017 18:35 WIB
kesehatan
Kenali Tremor dan Penyebabnya
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda pernah mengalami tangan tiba-tiba bergetar saat melakukan sesuatu? Kemungkinan Anda mengalami tremor.

Secara umum, tremor adalah gemetaran berulang, tak sadar, dan berirama pada salah satu bagian tubuh atau lebih. Gangguan yang bersifat genetik tersebut  merupakan pertanda adanya masalah pada bagian saraf, tulang belakang, atau berbagai wilayah otak yang mengontrol gerakan.

"Cara termudah untuk mengetahui apakah Anda tremor atau tidak adalah dengan menempatkan kertas di atas tangan yang menelungkup, lalu lihat apakah bergetar atau tidak," ujar dr. Frandy Susatia, Sp.S selaku dokter spesialis saraf di Parkinson's and Movement Disorder Center (PMDC) dalam temu media, Kamis (13/4/2017).

Ia menambahkan, tremor paling umum biasanya bergetar 8 kali per menit, biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang tidur, terlalu banyak konsumsi kafein, lapar, setelah olahraga, atau karena emosional seseorang.

Berdasarkan jenis kegiatan, tremor digolongkan menjadi beberapa bagian. Pertama, tremor poatural dimana tremor muncul ketika tidur, tetapi pada posisi tertentu. Misalnya saat tangan telungkup atau kaki menggantung.

Ada juga tremor kinetik dimana penderita akan gemetaran saat mengambil barang, misalnya mengambil gelas untuk minum.

"Lalu, ada intential tremor dimana saat jari menunjuk, penderita menjadi gemetaran," tambah dr. Frandy.

Selanjutnya ada task-spesific tremor dimana penderita hanya mengalami tremor saat melakukan satu kegiatan, umumnya kebanyakan orang mengalami jenis tremor ini untuk kegiatan menulis.

Terakhir, ada jenis isotonik tremor yang dapat kambuh bila penderita menggenggam tangan terlalu keras. Tremor jenis ini juga dialami mereka yang terlalu lama membawa beban, seperti tas, sehingga membuat anggota tubuh bergoyang.


(DEV)