Remaja di AS Meninggal Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 17 May 2017 18:07 WIB
kesehatan
Remaja di AS Meninggal Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Kafein
Davis Allen Cripe, remaja yang meninggal karena konsumsi kafein berlebih.

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang remaja di South Carolina, Amerika Serikat ditemukan tewas karena konsumsi kafein berlebih.

Petugas dari The Richland County Coroner mengungkapkan bahwa seorang anak bernama Davis Allen Cripe berusia 16 tahun tewas setelah meneguk soda Mountain Dew berukuran besar, sebuah produk cafe latte dari restoran cepat saji McDonald yang dicampurkan dan minuman berenergi dalam kurun waktu dua jam. Cripe meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit lokal di Columbia.

Berdasarkan keterangan resmi, penyebab kematiannya adalah kejadian kardiak yang dipicu oleh kafein.

"Kami kehilangan David karina substansi yang legal, yaitu terlalu banyak kafein sehingga menyebabkan ia terkena aritmia," ujar Gary Watts dari Richland County Coroner dalam sebuah pernyataan.

Aritmia adalah kondisi dimana jantung berdetak dengan pola yang tak normal.

Watts menyarankan agar setiap orang berhati-hati dalam konsumsi kafein karena tidak semua orang akan mengalami efek samping yang sama.

"Bila ada lima orang yang mengonsumsi kafein dalam jumlah yang sama dengan aktivitas serupa, tidak semua mengalami efek yang sama," ujarnya memberi contoh.

Sementara itu, pihak keluarga berharap kematian anaknya bisa menjadi pelajaran bagi semua orang.

"Saya sebagai seorang ayah yang bersedih berharap kejadian bisa menjadi memberi sisi positif. Para orang tua perlu memberitahu anak mereka tentang bahaya minuman ini. Dan para remaja, berhentilah membeli minuman ini," ungkap ayah David, Sean Cripe.


(DEV)