Gelang Pasien Bersertifikasi FDA Hadir di Pameran Surabaya Hospital Expo 2017

Amaluddin    •    Rabu, 19 Apr 2017 21:06 WIB
kesehatan
Gelang Pasien Bersertifikasi FDA Hadir di Pameran Surabaya Hospital Expo 2017
General Manajer PT Medisware Sinergi Indonesia, Rivian Ramadhian, menunjukkan gelang pasien bersertifikasi FDA. (MTVN/Amal)

Metrotvnews.com, Surabaya: Beragam inovasi kesehatan meriahkan pameran Surabaya Hospital Expo 2017 di Grand City Convention Expo Surabaya, Rabu, 19 April 2017. Salah satunya gelang khusus yang digunakan oleh pasien.

"Gelang ini sudah lulus uji sertifikasi 'FDA' atau balai besar pengawas obat dan makanan dari Amerika Serikat (BPOM-nya Amerika)," kata General Manajer PT Medisware Sinergi Indonesia, Rivian Ramadhian, ditemui di sela peluncuran gelang pasien.

Menurut Rivian, gelang pasien itu menggunakan teknologi tinggi dan bahannya berkualitas. Kegunaan gelang identitas itu sangat penting dan berisiko tinggi karena berkaitan langsung dengan penanganan pasien sehingga harus diperhatikan kualitas bahan dasarnya.

"Gelang itu juga membantu dokter dalam menangani pasien. Dengan menggunakan gelang ini, maka identitas dan data detail pasien bisa terekam sehingga dokter tidak mungkin akan salah pasien," kata Rivian.

Khusus gelang yang diproduksi perusahaannya, kata dia, berbahan nano-silikon lembut sehingga nyaman pada kulit, mudah di-scan yang keakuratannya bertahan hingga 60 hari.

Gelang yang sudah dilengkapi barcode ini juga terbuat dari nano silikon sehingga bisa menghindarkan dari penularan virus.

"Nano silikon ini porinya lebih kecil dari virus, sehingga virus yang yang menempel tidak bisa masuk dan tidak menularkan ke pasien. Gelangnya juga memiliki ketahanan terhadap air, alkohol, sabun, darah dan lainnya," ucapnya.

Meski baru diluncurkan, lanjut dia, namun sejumlah rumah sakit di Jakarta telah melakukan uji coba dan diyakini menggunakan gelang identitas FTGO ke depannya.

"Per gelang harganya Rp2.500, kemudian sekarang bisa didapat melalui penjualan elektronik di www.bahanmedis.com," katanya.

Sementara itu, pameran alat kesehatan tahun ini bertajuk "Surabaya Hospital Expo" yang merupakan acara tahunan untuk insan industri kesehatan terbesar di Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan pada 19-21 April 2017 diramaikan berbagai produsen dan distributor alat kesehatan dari berbagai penjuru Tanah Air.

 


(ELG)