Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Prostat

Torie Natalova    •    Sabtu, 29 Jul 2017 10:12 WIB
kanker prostat
Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Prostat
Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Prostat (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, New York: Umumnya, kanker prostat lebih sering menyerang kaum pria dibanding wanita. Menurut American Cancer Society, sebanyak 161 ribu kasus baru kanker prostat dialami kaum pria.

Menurut para ahli, wanita transgender perlu menyadari risiko kanker prostat. Karena, pada dasarnya jika Anda memiliki prostat, Anda tetap berisiko terkena kanker tersebut.

Bahkan, orang-orang yang telah menjalani operasi pengikatan gender biasanya masih memiliki prostat. Kanker prostat memang dapat terjadi pada wanita transgender.

Canadian Association melaporkan kasus seorang wanita transgender yang didiagnosis menderita kanker prostat metastatik yang berarti ini telah menyebar melampaui prostatnya ke bagian tubuh lain. Kebanyakan kasus kanker prostat pada wanita transgender terjadi pada orang yang memulai terapi hormon di kemudian hari.

Sementara itu, bagi wanita transgender yang telah menjalani operasi jenis kelamin atau sedang jalani terapi hormon, risiko kanker lebih rendah daripada mereka yang belum menggunakan hormon atau operasi.

Pengobatan untuk pria biasanya melibatkan penghambat hormon testosteron dan estrogen, yang dilakukan pada wanita transgender dalam terapi hormonnya. Inilah yang membuat mereka relatif lebih rendah mengalami kanker prostat.

 


(ELG)