Empat Tips Atasi Kulit Kering

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Dec 2017 17:57 WIB
kesehatan kulit
Empat Tips Atasi Kulit Kering
Konsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang membantu melindungi sel kulit. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Cuaca yang saat ini cenderung dingin memberi dampak tersendiri pada kulit yaitu menjadi lebih kering. Namun, semakin sering memberi lotion bukanlah satu-satunya cara untuk melembapkan kulit. 

Ada beberapa cara lain untuk meningkatkan kelembapan kulit secara alami seperti berikut. 

1. Mempercepat durasi mandi
Mandi adalah aktivitas yang memengaruhi kelembapan kulit. Banyak orang senang mandi dengan air hangat dengan durasi yang cukup lama setelah seharian berada di luar yang bercuaca dingin. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membahayakan lapisan kulit alami. 

"Paparan berlebihan dari air hangat mengiris kulit minyak esensial alami di lapisan luar yang berfungsi mengatur penghalang dari luar dengan baik," kata Dr Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City.

Menurutnya, sebaiknya mandi tak lebih dari 10 menit dengan suhu air sekitar 84 derajat Celcius atau setara dengan kolam renang air hangat. 

(Baca juga: Kulit Tiba-tiba Sensitif? Mungkin Ini Penyebabnya)

2. Perhatikan produk yang digunakan
Produk juga memberi efek pada kulit. Sabun biasa memiliki pH alkaline yang dapat mengganggu asam pada permukaan dan menyebabkan kulit kering. Untuk menghindarinya gunakan pembersih untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh. 

Lalu bagaiaman dengan produk yang menggosok kulit? Kebiasaan tersebut tak berbahaya asalkan tak melibatkan sikat atau benda lain untuk menggosoknya. 

"Jika kulit Anda semakin kering dan pecah-pecah, cobalah hentikan penggunaan dan lihat bagaimana kulit menoleransinya," saran Dr Marie Leger, seorang dermatolog di Weill-Cornell Medicine. 


(Cuaca yang saat ini cenderung dingin memberi dampak tersendiri pada kulit yaitu menjadi lebih kering. Foto: Pixabay.com)

3. Melembapkan dengan tepat 
Setelah mandi, pastikan Anda mengeringkan tubuh dengan menepuk, bukan menggosok menggunakan handuk. Kemudian, oleskan pelembap saat kulit masih baru saja kering agar penyerapan maksimal. Lakukan hal serupa saat mencuci tangan di siang hari. 

Untuk cuaca dingin, pilihlah pelembap dengan kandungan minyak lebih tinggi dari air. Namun, pastikan Anda tetap merasa nyaman beraktivitas. 

Menurut Zeichner, beberapa orang yang terbiasa menggunakan pelembap akan merasa kulit mereka sudah bergantung pada hidrasi eksternal karena kulit sudah tak pernah merasakan pelembap alami.

4. Membuat rutinitas
Cara lain adalah dengan menggunakan alat pelembap di ruangan agar kulit tak kering, terutama pada bagian wajah dan hidung. Zeichner berpendapat bahwa asupan air dan makanan tidak terlalu berpengaruh untuk melembapkan kulit. Namun ia menyarankan agar mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang membantu melindungi sel kulit. 

Selain itu, ia juga menyarankan untuk tidak berganti-ganti produk kecantikan untuk menghindari kemungkinan kulit kering. "Banyak orang mendatangi saya karena mengalami kulit kering akibat alergi. Daripada menggunakan banyak produk, lebih baik fokus pada satu saja. Kalau cocok lanjutkan, kalau tidak coba yang lain," tukas Leger. 










(TIN)