Minyak Jarak Efektif Redakan Nyeri Otot

Raka Lestari    •    Minggu, 26 Nov 2017 10:56 WIB
kesehatan
Minyak Jarak Efektif Redakan Nyeri Otot
Minyak jarak membantu mengurangi peradangan. (Foto: Readers Digest)

Jakarta: Minyak jarak atau castor oil sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi sembelit oleh para orang tua. Akan tetapi, cairan yang tidak memiliki rasa dan bau ini ternyata memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diperoleh dari minyak jarak seperti dilansir Reader Digest.

1. Sebagai pelembab

Minyak jarak kaya kandungan asam lemak, menjadikannya pelembab yang baik terutama saat musim dingin. "Minyak jarak sangat bagus untuk digosok pada kutikula yang retak dan tumit kering, bibir pecah-pecah, atau di tempat yang membutuhkan kelembaban ekstra," ujar Nadine Artemis, salah satu pendiri livinglibations.com.

2. Meningkatkan fungsi imun

Stres, kurang tidur, dan kelebihan berat badan akan membebani sistem kekebalan tubuh. "Satu studi menemukan bahwa minyak jarak dapat memperbaiki aliran getah bening, meningkatkan sementara jumlah sel T-11 yang meningkatkan kekebalan tubuh, memperbaiki kesehatan hati, dan mengurangi peradangan," kata Artemis. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan merendam handuk kecil ke dalam minyak jarak lalu gunakan pada bagian-bagian yang membutuhkan perawatan.

3. Mengobati kista ovarium

Umumnya kista ovarium tidak menyebabkan gejala tetapi bagi beberapa wanita mereka dapat menyebabkan rasa sakit, kembung, dan tekanan. Menurut Sara Hulu Silverstein, RH (AHG) ahli herbal master dan homeopat klasik yang mengelola klinik di New York City dan Los Angeles.

"Dengan teknologi sonogram sebelum dan sesudah menggunakan minyak jarak, ukuran kista secara dramatis berkurang dan rasa sakit dengan cepat menurun."

4. Nyeri otot

Mindy Solkin, pendiri The Running Center dan pelatih lari profesional mengatakan minyak jarak membantu mengurangi peradangan. Dia menyarankan agar kliennya menuangkan minyak jarak pada kain flanel da membungkusnya. Selanjutnya, letakkan bungkusan minyak jarak pada otot yang sakit.

5. Meredakan perut kembung

Perut kembung membuat Anda tidak nyaman dan membuat frustrasi, terutama saat Anda merasa tidak nyaman dengan pakaian Anda. Cobalah menggunakan minyak jarak dengan meminumnya sebanyak satu sendok makan.

"Minyak jarak dapat membantu mengatasi perut kembung karena mengandung asam lemak, asam risinoleat, yang membantu mengurangi kontraksi otot pada dinding perut," kata Taz Bhatia, MD, pengarang buku Super Woman RX.



 


(DEV)