Tuntutan Sosial Membuat Wanita Lebih Rentan Depresi

Torie Natalova    •    Minggu, 31 Dec 2017 10:56 WIB
depresi
Tuntutan Sosial Membuat Wanita Lebih Rentan Depresi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Survei membuktikan, wanita lebih mudah depresi ketimbang pria. Rupanya, keadaan ini memiliki alasan tersendiri.

Dr. Rachel Salk dari University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa wanita remaja menerima diagnosis depresi tiga kali lebih sering dibandingkan pria muda.

Ada pun penyebab depresi paling banyak terjadi karena mereka terjebak dalam kompleksitas wanita modern, yang menuntut wanita harus berpikir kritis dan setara dengan pria. Di sisi lain, dalam konteks sosial, wanita  juga dituntut untuk bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk keluarga mereka.

Kedua, penyebab depresi pada wanita sering terjadi karena kegagalan hubungan. Tak sedikit pula wanita yang mempertahankan hubungan mereka kendati sudah merasa tidak nyaman.

Rasa takut memiliki citra diri negatif juga menjadi salah satu penyebab depresi. Banyak wanita merasa belum cukup baik dalam bekerja, belum menjadi teman, ibu, dan istri yang baik. Kemudian, mereka mencari dukungan sosial dengan cara masuk ke dalam komunitas. Hal ini, diungkapkan Dr Peter Kamer dalam buku berjudul Against Depression, justru meningkatkan depresi.

Di sisi lain, depresi berkaitan dengan fisiologis yang terjadi karena ketidakseimbangan kimiawi di otak. Periset masih mengeksplorasi alasan biologis untuk penyebab ini. Namun, mereka percaya bahwa koneksi neuron otak, pertumbuhan neuron, dan kemampuan sirkuit saraf berpengaruh terhadap depresi.




 


(DEV)