Memesan Makanan ke Kantor Tingkatkan Produktivitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 28 Mar 2018 07:29 WIB
psikologi
Memesan Makanan ke Kantor Tingkatkan Produktivitas
Sebuah studi seperti dilansir dari Independent.co.uk yang dipimpin oleh psikolog Dan Ariely menyimpulkan bahwa membawa pizza ke kantor untuk meningkatkan semangat kerja lebih efektif. (Foto: Kristina Bratko/Unsplash.com)

Jakarta: Ada berbagai cara untuk meningkatkan produktivitas di kantor, salah satunya dengan memesan makanan ke kantor. 

Sebuah studi seperti dilansir dari Independent.co.uk yang dipimpin oleh psikolog Dan Ariely menyimpulkan bahwa membawa pizza ke kantor untuk meningkatkan semangat kerja lebih efektif dibandingkan memberikan bonus tunai.  

Ariely mengirimkan satu dari tiga pesan pada pekerjanya setiap awal minggu untuk melihat mana yang lebih memotivasi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Pertama, ia menawarkan bonus tunai senilai USD30. Kedua, ia menawarkan pujian dari atasan, dan terakhir menjanjikan voucher untuk pizza gratis. 


(Sebuah studi seperti dilansir dari Independent.co.uk yang dipimpin oleh psikolog Dan Ariely menyimpulkan bahwa membawa pizza ke kantor untuk meningkatkan semangat kerja lebih efektif. Foto: Rakicevic Nenad/Unsplash.com)

(Baca juga: Kebiasaan Buruk Saat Makan di Kantor)

Setelah sehari, pizza terbukti sebagai pesan motivasi yang paling disukai dimana tingkat produktivitas meningkat hingga 6,7 persen dibandingkan kelompok yang tidak mendapat pesan. 

Pujian juga terbukti memotivasi, terdapat peningkatan produktivitas sebanyak 6,6 persen. 

Menariknya, motivasi bonus tunai hanya meningkatkan produktivitas 4,9 persen. Bahkan, dua hari setelah menerima uang, terdapat penurunan produktivitas hingga 13,2 persen. Pada akhir pekan, Ariely menyadari bahwa tingkat produktivitas menurun sebanyak 6,5 persen pada kelompok tersebut. 

Secara keseluruhan dalam satu minggu, pujian memberikan motivasi lebih kecil dibandingkan pemberian makanan. 







(TIN)