Konsumsi Alkohol Berlebih dalam Semalam, Beri Efek Buruk Selama Satu Bulan di Kulit

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:07 WIB
kesehatan kulit
Konsumsi Alkohol Berlebih dalam Semalam, Beri Efek Buruk Selama Satu Bulan di Kulit
Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi lebih dari 14 unit alkohol dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan mendadak pada kulit wajah wanita. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Berbagai penelitian telah membuktikan berbagai dampak buruk konsumsi alkohol. Kini, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa minuman keras tersebut dapat memerburuk kondisi kulit.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi lebih dari 14 unit alkohol dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan mendadak pada kulit wajah wanita yang jelas terlihat keesokan paginya.

14 unit adalah batas normal rata-rata konsumsi alkohol per minggu pada wanita. Ukuran tersebut setara dengan 1,5 botol alkohol ringan atau empat gelas berukuran 250 ml anggur dengan kandungan alkohol tinggi.

(Baca juga: 6 Kesalahan dalam Merawat Kulit)


(Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi lebih dari 14 unit alkohol dapat menyebabkan keracunan dan kerusakan mendadak pada kulit wajah wanita. Foto: Pixabay.com)

Menurut penelitian, setelah pusing berat 24 jam sehabis mengonsumsi alkohol, efek tersebut akan bertahan pada wanita di atas 40 tahun selama 28 hari kemudian.

Wanita yang berusia lebih muda memiliki durasi yang lebih cepat dimana jika masih berusia 20-an, efek hanya bertahan beberapa minggu.

Untuk pria, perbaikan kulit dapat lebih cepat, sekitar satu minggu.

Beberapa gejala yang muncul pada wajah adalah lingkar hitam dan bengkak pada sekitar mata, kulit kering pada dahi, dagu dan bibir, serta muncul garis wajah dan keriput. 










(TIN)