Kenali Gejala Kanker Nesofaring yang Diderita Aktor Korea Kim Woo Bin

Torie Natalova    •    Rabu, 18 Oct 2017 15:33 WIB
kesehatan
Kenali Gejala Kanker Nesofaring yang Diderita Aktor Korea Kim Woo Bin
(Foto: Allkpop)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktor asal Korea Selatan Kim Woo Bin diketahui tengah menjalani serangkaian pengobatan untuk penyakit kanker nasofaring yang dideritanya. Kanker nasofaring merupakan jenis kanker dari kepala dan leher yang langka.

Kanker ini tumbuh di rongga belakang hidung dan langit-langit rongga mulut atau daerah nasofaring. Saat Anda bernapas, udara mengalir melalui hidung ke tenggorokan dan nasofaring sehingga masuk ke paru-paru.

Para ilmuwan belum meyakini dengan pasti penyebab kanker nasofaring. Namun, kanker ini berkaitan erat dengan virus Epstein-Barr (EBV) dan dibarengi dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Selain karena virus, kanker nasofaring dapat dipicu oleh tembakau, alkohol, sayuran yang diawetkan, bekerja di sekitar debu kayu atau bahan kimia formaldehida, serta ikan serta daging yang diasinkan. Ilmuwan percaya bahwa bahan kimia dalam makanan tersebut dapat merusak DNA dalam sel yang memicu pertumbuhan kanker.

Sayangnya, gejala kanker nasofaring seringkali tidak dapat dideteksi karena gejalanya mirip dengan flu biasa. Namun, apabila Anda mengalami beberapa gejala berikut, sebaiknya segera periksa ke dokter.

1. Pandangan yang kabur atau ganda
2. Kesulitan berbicara atau suara menjadi serak
3. Sering infeksi telinga
4. Sakit pada wajah atau mati rasa
5. Sakit kepala
6. Pendengaran berkurang, atau bunyi dengung pada telinga
7. Mimisan
8. Hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Agar terhindar dari penyakit ini, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan seperti ikan atau daging yang diasinkan, berhenti merokok, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan memperbanyak asupan buah dan sayuran.




(DEV)