Cara Menenangkan Bayi Seperti Ini Ternyata Bisa Memicu Obesitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 22 Mar 2018 12:48 WIB
tips kesehatan
Cara Menenangkan Bayi Seperti Ini Ternyata Bisa Memicu Obesitas
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa orang tua memberikan cemilan pada si kecil jika sedang tantrum untuk menenangkan. Ternyata, sebuah studi melihat bahwa kebiasaan tersebut dapat memicu obesitas pada anak.

"Dalam beberapa hal, perilaku anak dipengaruhi perilaku orang tua. Jika orang tua ingin anak berhenti menangis, dan tahu makanan bisa digunakan, mereka akan menjadikannya kebiasaan. Apalagi jika cara lain tak mempan," terang peneliti Cynthia Stifter, Professor dari Pennsylvania State University, Amerika Serikat, dilansir dari The Health Site.

Studi tersebut menemukan bahwa anak dengan sifat terbuka cenderung mudah didiamkan dengan cara tersebut. Ciri dari sifat itu adalah lebih terbuka, aktif, dan tertarik pada hal-hal dan orang-orang baru.

Anak dengan sifat tersebut cepat bosan karena selalu mencari sesuatu yang baru untuk menarik perhatian.

Di satu sisi, orang tua juga tergoda menggunakan makanan untuk menenangkan buah hati karena biasanya efektif.

Namun, menggunakan makanan sebagai hadiah dapat menyebabkan makanan berlebihan, terutama untuk anak-anak pemberontak. Akibatnya, risiko kegemukan pun mengintai.

"Anak yang terbuka cenderung memiliki sensitivitas terhadap hadiah yang lebih besar daripada anak-anak lain. Dengan demikian, kepekaan mereka lebih besar," tambah Stifter.

Jadi, jika makanan dinilai sebagai penghargaan, maka mereka akan membuat koneksi yang semakin kuat antara makanan dan perasaan senang. Akibatnya, ia menyimpulkan, anak akan mencari makanan lebih sering ke depannya.

Penelitian tersebut meminta 160 ibu untuk membuat catatan harian tentang seberapa sering bayi mereka yang berumur 6 bulan menangis dan bagaimana cara mereka menenangkannya.

Namun, strategi tersebut tak mempan pada anak-anak dengan sifat pemberontak.

Lihat video:




(DEV)