Olahraga Mendayung Lebih Efektif daripada Lari untuk Membentuk Otot

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 23 Mar 2018 14:37 WIB
olahragakesehatan
Olahraga Mendayung Lebih Efektif daripada Lari untuk Membentuk Otot
Mendayung mengaktifkan sembilan kelompok otot dan 85 persen otot tubuh. (Foto: Courtesy of Independent.co.uk)

Jakarta: Olahraga dayung dalam ruangan sepertinya akan menjadi tren kebugaran yang akan digandrungi di tahun 2018. Olahraga ini bisa dijadikan pilihan ketika semua treadmill di gym dipakai. 

Menurut dr Cameron Nichol, seorang dokter sekaligus mantan atlet dayung, olahraga tersebut sangat efisien untuk menggerakan seluruh tubuh. Apalagi, saat ini sudah ada mesin mendayung di kebanyakan gym. 

"Selama beberapa dekade, kita tak mengomunikasikan bagaimana cara mendayung yang baik. Ini adalah pergerakan tubuh yang bernilai, sayangnya kita tak akrab dengan olahraga ini, tak seperti berlari atau bersepeda," terangnya. 

Ia melakukan sebuah penelitian kecil di University of Roehampton untuk membandingkan dampak dari lari di treatmill dan mendayung dengan mesin. 


(Mendayung mengaktifkan sembilan kelompok otot dan 85 persen otot tubuh. Foto: Jordan Bauer/Unsplash.com)

(Baca juga: Olahraga yang Banyak Membakar Kalori selain Lari)

Atlet dengan tingkat kebugaran sama diminta melakukan masing-masing olahraga selama 20 menit dan diukur seberapa banyak elektroda yang digunakan. Pertama, uji coba terkait pengeluaran kalori.

Partisipan yang menggunakan treadmill membakar 350 kalori, sementara orang yang menggunakan mesin dayung menghabiskan 300 kaori. 

Kemudian, aktivasi otot juga diperhitungkan. Elektroda menghitung berapa banyak listrik yang mengalir melalui setiap kelompok otot selama latihan, yang berarti seberapa keras dan seberapa cepat otot-otot itu bekerja.

Hasilnya, dayung mengaktifkan lebih banyak otot daripada berlari.

"Mendayung mengaktifkan sembilan kelompok otot dan 85 persen otot tubuh karena bekerja bagian atas dan bawah tubuh, inti lengan dan memperkuat punggung," simpul Dr Nichol. 








(TIN)