Seberapa Bahaya Tato di Bola Mata?

Raka Lestari    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:30 WIB
Seberapa Bahaya Tato di Bola Mata?
Pada bulan Oktober lalu, seorang model asal Kanada melakukan tato pada bola matanya dengan warna favoritnya yaitu warna ungu dan ternyata ia mengalami infeksi pada salah satu matanya. (Foto: Rhett Wesley/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah prosedur kecantikan bernama sclera staining menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Apa itu sclera staining? Sclera staining adalah prosedur kecantikan dimana tinta tato akan disuntikkan ke bagian berwarna putih mata Anda. Atau biasa disebut dengan tato bola mata. 

Pada bulan Oktober lalu, seorang model asal Kanada melakukan tato pada bola matanya dengan warna favoritnya yaitu warna ungu dan ternyata ia mengalami infeksi pada salah satu matanya.

Tapi itu tidak menghentikan wanita lain dari Knoxville, Tennessee, Amerika Serikat yang menginginkan tato pada matanya. Seperti dilaporkan WVLT TV, Carolanne Millett ingin memperlihatkan mata birunya dengan warna biru muda atau abu-abu.

(Baca juga: Menghabiskan Waktu di Alam Baik untuk Kesehatan Mata)

"Ada faktor risiko dari setiap modifikasi tubuh yang setiap orang lakukan, apakah itu operasi plastik atau tato," kata Millett kepada stasiun WVLT TV.


(Sclera staining yang dilakukan oleh Lunacobra. Foto: Courtesy of Lunacobra/@Lunacobra)

Tapi melakukan tato pada bagian dalam mata Anda jauh lebih berbahaya daripada melakukan tato di bagian tubuh seperti pada bahu Anda.

"Anda dapat mengalami gangguan penglihatan Anda secara langsung," ujar Kirk Haun, M.D., seorang dokter mata untuk Campbell, Cunningham, Taylor & Haun, kepada WVLT TV. "Anda bahkan bisa mengalami peradangan jangka panjang."

Matanya menjadi bengkak dan dokter mengatakan kemungkinan matanya bisa menjadi buta. Oleh karena itu, ia memberitahukan pengalamannya tersebut di media sosial dan mengingatkan orang lain agar tidak melakukan apa yang dilakukannya.

Menurut American Academy of Opthalmology, risiko lainnya adalah sensitivas terhadap cahaya, perasaan ada sesuatu yang mengganjal, penurunan penglihatan atau kebutaan, infeksi, dan bahkan kehilangan penghilangan sepenuhnya.








(TIN)