Penyebab Terjadinya Penyakit Pankreas

Raka Lestari    •    Jumat, 21 Dec 2018 11:00 WIB
kesehatan
Penyebab Terjadinya Penyakit Pankreas
Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting untuk menjalankan fungsi dari endokrin dan eksokrin. (Foto: Arif Riyanto/Unsplash.com)

Jakarta: Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting untuk menjalankan fungsi dari endokrin dan eksokrin. 

Endokrin bertugas mengeluarkan hormon insulin kemudian akan mengubah gula menjadi sumber energi bagi tubuh. Sedangkan eksokrin adalah kelenjar yang berfungsi mengeluarkan enzim, seperti misalnya kelenjar lendir, kelenjar minyak, kelenjar air mata, dan sebagainya.

Dr Fajar Firsyada, Sp.B(k)BD, Dokter Spesialis Bedah Digestif dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Barat menjelaskan bahwa penyakit pankreas ini terjadi akibat adanya gangguan fungsi endokrin ataupun eksokrin dari organ pankreas. 

"Apabila ada gangguan endokrin pankreas salah satunya adalah insulin yang menyebabkan penyakit Diabetes Melitus dan bilamana terjadi gangguan fungsi eksokrin dapat menimbulkan penyakit seperti Pankreastitis," ujar Dokter Fajar.

(Baca juga: 5 Tanda Pankreas Anda Bermasalah)

Untuk menghindari atau mencegah penyakit pankreas ini dengan dr. Fajar menyarankan untuk membatasi atau mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat atau gula sehingga beban kerja pankreas tidaklah berat. 

"Mulai kurangi makanan berkarbohidrat untuk mengurangi risiko Diabetes Melitus sedangkan pada kasus pankreastitis ini fungsi eksokrin dan endokrin diistirahatkan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan kurangi lemak," jelas dr. Fajar.

Jika seseorang sudah mengalami gangguan pankreas maka pengobatan yang dilakukan adalah tindakan yang sesuai dengan masalah di pankreasnya. 

Misalnya pada kasus Diabetes Melitus (DM) ini terapi DM termasuk pada pengaturan makan dan olah raga yang teratur. Namun bila penyakit itu adalah tumor atau kanker, maka pengobatannya dengan cara operasi.





(TIN)