Lima Kacang yang Sehat untuk Dijadikan Camilan

Raka Lestari    •    Minggu, 28 Oct 2018 16:31 WIB
tips kesehatan
Lima Kacang yang Sehat untuk Dijadikan Camilan
(Foto: People Post)

Jakarta: Ada banyak pendapat soal makan kacang. Salah satunya bisa menyebabkan kegemukan dan jerawat karena kandungan lemaknya.

Faktanya, tidak semua kacang tidak sehat. Beberapa kacang-kacangan bisa dijadikan camilan sehat, seperti dijelaskan ahli nutrisi Maggie Michalczyk, R.D, dilansir dari Women's Health.

1. Kacang Mede

"Kacang mede memiliki lebih banyak zat besi daripada kacang lainnya, sehingga Anda bisa mengonsumsi kacang ini jika mengalami kekurangan nutrisi," ujar Kelly R. Jones, ahli diet dan nutrisi. Tekstur kacang mede yang creamy juga membuatnya bisa digunakan menjadi pengganti produk susu yang luar biasa, katanya.

2. Kacang Macadamia

"Kacang macadamia tinggi kandungan thiamin, yaitu vitamin B1, mangan, dan tembaga dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang juga ditemukan dalam alpukat dan minyak zaitun," kata Michalczyk.

Jenis kacang ini juga sangat baik ditambahkan dalam salad atau akan menjadi masakan yang lebih bernutrisi jika ditambahkan pada ikan atau kacang.

3. Kacang tanah

Kacang tanah adalah sumber protein yang baik dan kaya akan vitamin dan mineral  seperti magnesium dan fosfor.

Anda dapat memetik manfaatya dengan makan selai kacang, tetapi cobalah untuk tidak berlebihan. Ingatlah bahwa selai kacang tinggi kalori, maksimal mengonsumsi porsi dua sendok makan.

4. Kacang Pistachio

Kacang Pistachio bisa dijadikan camilan karena kandungan gizi dan antioksidan yang tinggi untuk meningkatkan kesehatan mata.

5. Kacang Walnut

Walnut adalah sumber  asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk diet dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung," kata Michalczyk.

Kacang ini mengandung kalori dan lemak yang tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya, tetapi itu adalah lemak sehat yang dibutuhkan tubuh, yang membantu Anda kenyang lebih lama.

 


(DEV)