Kenali Tanda Anda dan Pasangan cuma Pura-pura Bahagia

Raka Lestari    •    Kamis, 15 Nov 2018 10:00 WIB
romansapsikologi
Kenali Tanda Anda dan Pasangan cuma Pura-pura Bahagia
Ketika Anda merasa tidak bahagia dalam hubungan Anda, Anda mungkin akan sering membandingkan hubungan Anda atau pasangan Anda dengan orang lain. (Foto: Jonas Weckschmied/Unsplash.com)

Jakarta: Sangat mudah untuk berpura-pura bahagia dalam hubungan, meskipun sebenarnya Anda tidak benar-benar mempercayainya. Ketika Anda mencintai seseorang dan sudah bersama mereka untuk waktu yang cukup lama, Anda mungkin tidak ingin melakukan apapun yang dapat menyakiti mereka. 

Namun dengan berpura-pura merasa bahagia dalam hubungan padahal Anda tidak merasa benar-benar bahagia, hal itu hanya akan membuat diri Anda tersiksa. Dan berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda atau pasangan Anda tidak benar-benar bahagia.

1. Memposting di media sosial
Tidak ada yang salah dengan memamerkan hubungan Anda di media sosial. Namun menurut Amica Graber, seorang relationship expert, mengatakan, "Sebuah studi baru-baru ini dari Northwestern University menemukan bahwa mereka yang sering memposting tentang hubungan mereka di media sosial sebenarnya tidak merasa aman dalam hubungannya," kata Graber. 

"Jika Anda mengalami masalah dalam hubungan Anda, mungkin Anda mulai mencari validasi dari luar dalam bentuk 'likes' untuk mengganti sesuatu yang hilang."


(Dengan berpura-pura merasa bahagia dalam hubungan padahal Anda tidak merasa benar-benar bahagia, hal itu hanya akan membuat diri Anda tersiksa. Foto: Courtney Clayton/Unsplash.com)

(Baca juga: Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hubungan Romansa Langgeng)

2. Sering bertengkar untuk hal-hal kecil
Anda dan pasangan mungkin jarang bertengkar hebat tetapi jika Anda sangat sering bertengkar untuk hal-hal kecil seperti lupa untuk membuang sampah atau terlambat 10 menit untuk berkencan Anda mungkin berpura-pura bahagia, ujar Jenna Birch, CEO aplikasi kencan dan penulis The Love Gap. Meskipun hal ini terlihat tidak penting, namun itu bisa mengurangi kemesraan satu sama lain.

3. Selalu menuruti keinginan pasangan
Jika salah satu pihak yang biasanya memiliki keinginan yang kuat terhadap sesuatu mulai menuruti apa saja keinginan pihak lainnya, itu mungkin bukan pertanda baik.

Menurut Birch, mereka lebih memilih untuk berhenti mengekspresikan keinginannya dan hal-hal yang mengganggu mereka karena mereka sudah tidak peduli. Ketika semangat dalam hubungan hilang, maka keinginan untuk bertengkar juga hilang bersamanya.

4. Lupa merayakan momen-momen penting
Ulang tahun, anniversary, dan hari-hari besar lainnya penting untuk dirayakan. Namun jika Anda tidak memiliki keinginan untuk merayakan hal-hal tersebut bersama pasangan Anda dan pasangan Anda melupakannya, itu mungkin terjadi karena hubungan Anda tidak sebahagia yang Anda bayangkan, ujar Birch. Mengingat ulang tahun Anda atau ulang tahun pasangan Anda menunjukkan bahwa Anda peduli. 

5. Selalu membandingkan hubungan dengan orang lain
Ketika Anda merasa tidak bahagia dalam hubungan Anda, Anda mungkin akan sering membandingkan hubungan Anda atau pasangan Anda dengan orang lain.

Menurut Birch, Anda mungkin mulai berpikir tentang apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam suatu hubungan dan menyadari bahwa pasangan Anda tidak cocok. 

"Ketika seorang teman memberi tahu Anda tentang sesuatu yang istimewa yang mereka lakukan dengan pasangan mereka atau sesuatu yang dilakukan pasangan mereka untuk mereka, Anda mungkin merasa sedih bahwa Anda dan pasangan Anda tidak memiliki gairah atau koneksi yang sama lagi," katanya.

Kesedihan ini bukan karena cemburu. Sebaliknya, ini berasal dari kesadaran bahwa hubungan Anda mungkin bukan yang tepat untuk Anda.





(TIN)