7 Langkah Mengobati Insomnia

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 09 Oct 2016 11:00 WIB
kesehatan
7 Langkah Mengobati Insomnia
(Foto: Uratex)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insomnia atau sulit tidur bisa ditenggarai berbagai faktor, seperti stres, kelelahan, atau merupakan indikasi adanya masalah kesehatan.

Obat-obatan mungkin bisa membantu Anda terlelap. Namun, alangkah lebih baik jika mencoba cara alami ini dahulu untuk mengatasi insomnia.

1. Memakai penutup mata

Menggunakan penutup mata membantu menghalau cahaya terang yang dapat mengganggu tidur Anda.

2. Makan malam lebih cepat

Usahakan makan malam tiga jam sebelum tidur agar makanan dapat dicerna dengan baik sebelum Anda terlelap sehingga Anda tidak merasa kekenyangan.

3. Meditasi

Lakukan meditasis selama 10-15 menit saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Kegiatan tersebut dapat membantu mengurangi tingkat stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Pakai minyak lavender

Minyak lavender membantu merilekskan pikiran dan meningkatkan tidur. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air saat mandi sebelum tidur malam. Mencuci sarung bantal dengan sedikit minyak lavender pun dapat membantu mengatasi insomnia.

5. Hindari olahraga sebelum tidur

Olahraga dapat meningkatkan energi sehingga semakin sulit untuk tidur. Sebaiknya lakukan olahraga sebelum pukul 5 sore untuk membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik.

6. Membaca

Lebih baik mengisi waktu untuk tidur dengan membaca, dibandingkan dengan bermain gadget. Membaca dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak dan mencegah insomnia.

7. Hindari makan pedas

Makanan yang pedas atau terlalu manis membuat mata sulit terlelap. Oleh karena itu makanlah makanan yang tidak terlalu memberikan rasa mencolok sebelum tidur.

 


(DEV)

Video /