Ragam Alergi yang Tidak Biasa

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 18 May 2016 11:20 WIB
alergi
Ragam Alergi yang Tidak Biasa
Beberapa alergi dipicu serbuk sari dan debu (Foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa jenis alergi mungkin sudah lazim Anda dengar, seperti alergi serbuk sari dan debu. Ada ragam alergi yang tidak biasa. Misalnya, alergi pakaian dalam.

Ahli alergi Tim Mainardi dari Hudson Allergy di New York City, mengungkapkan beberapa jenis alergi yang terdengar asing, namun nyata dialami oleh sebagian orang.

1. Olahraga

Alergi terhadap olahraga biasanya terjadi pada usia 15-45 tahun. Saat berolahraga, orang tersebut merasa hangat terus-menerus. Reaksi ini bisa bersifat sistematik dan bekembang menjadi anafilaks sehingga tubuh menjadi sangat sensitif.

Serangan biasanya dikaitkan dengan konsumsi makanan tertentu. Beberapa dekade lalu, makan kerang dan berolahraga memicu reaksi alergi. Namun kini, anafilaks sering dipicu makan gandum.

"Siapa saja yang memiliki alergi ini harus sangat berhati-hati tentang semua jenis aktivitas berat," kata Tim Mainardi mengingatkan, dikutip Fox News.

2. Pakaian dalam

Alergi pakaian dalam adalah sebuah kontak dermatitis atau ruam yang gatal. Alergi ini berasal dari kain, pewarna, bahan kimia, dan pengawet dalam pakaian, seperti lateks yang umum ditemukan di ikat pinggang pakaian.

Cara terbaik untuk memerangi alergi ini adalah mencari pakaian pengganti organik. Misalnya, pakaian bebas lateks yang menggunakan likra, yang biasanya anti alergi.

"Serat alami seperti katun adalah yang terbaik," ujar Tim Mainardi.

3. Air

Alergi ini menyerang 1 dari 250 juta orang. Tak ada yang tahu apa penyebab pasti alergi ini. Efek yang dirasakan penderitanya berupa gatal luar biasa saat terkena air. Anehnya, alergi ini khusus pada air saja, bukan segala jenis cairan.

"Ada yang hanya bisa minum susu saja, atau teh saja. Ini jelas tidak mudah," ujar Mainardi.


(ROS)