Hubungan yang Dekat dengan Keluarga Membuat Orangtua Panjang Umur

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 23 Sep 2016 19:05 WIB
kesehatan lansia
Hubungan yang Dekat dengan Keluarga Membuat Orangtua Panjang Umur
Penelitian mengatakan bahwa orang yang tidak dekat dengan keluarga mereka, memiliki risiko lebih besar menderita serangan jantung atau stroke. (Foto: Health)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa bagi orangtua, kedekatan keluarga lebih penting daripada teman-teman dalam hal memperpanjang umur.

Orangtua yang lebih dekat dengan keluarga daripada sahabatnya, memiliki risiko 6 persen lebih sedikit untuk sekarat dalam waktu lima tahun, sementara mereka yang tidak akrab dengan keluarga memiliki risiko sebesar 14 persen. 

Peran hubungan keluarga
Menurut pemimpin peneliti James Iveniuk, seorang peneliti pasca-doktoral di Universitas Toronto School of Public Health, hubungan sosial memang penting. Namun, ia menggarisbawahi hubungan keluarga yang jauh lebih penting daripada hubungan persahabatan.

(Baca juga: 5 Pertanda Hidup Anda Tak Bahagia)

"Anda bisa dekat dengan teman-teman Anda, tetapi tidak memiliki pengaruh besar. Namun jika Anda tidak dekat dengan keluarga Anda, Anda berada pada risiko lebih besar untuk meninggal," katanya, seperti dilansir Health. 

Harapan di dalam keluarga
Secara khusus, ia mengatakan bahwa orang yang tidak dekat dengan keluarga mereka, memiliki risiko lebih besar menderita serangan jantung atau stroke. Selain itu, keluarga tampaknya lebih penting daripada teman-teman bila dilihat dari segi pengharapan. 

"Ada harapan kuat dimana keluarga yang akan merawat Anda, terutama jika terjadi hal-hal yang menakutkan, seperti sakit, dimana keluarga Anda seharusnya ada untuk Anda," jelas Iveniuk. Sebaliknya, teman-teman akan lebih mudah berganti dalam lingkungan, terutama jika Anda tidak terbiasa. 



(TIN)