Pil KB Hormonal Mampu Tangkal Komplikasi Influenza

Dwi Ayu Rochani    •    Senin, 19 Sep 2016 14:50 WIB
studi kesehatan
Pil KB Hormonal Mampu Tangkal Komplikasi Influenza
(Foto: Daily Mail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hormon seks perempuan-- yang ditemukan di sebagian besar pil KB hormonal-- memiliki potensi menangkal komplikasi yang timbul dari infeksi influenza, serta membantu memperbaiki sel paru-paru yang rusak agar sembuh lebih cepat.

Studi yang dilakukan pada tikus ini menemukan bahw hormon progesteron menjadi pelindung dengan meningkatkan produksi protein (yang disebut amphiregulin) oleh sel yang melapisi paru-paru.

Pemimpin studi Sabra L. Klein, Associate Professor di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, di Amerika Serikat, menjelaskan, ketika seseorang sakit flu, tingkat alami progesteron otomatis menurun. Kontrasepsi hormonal perempuan, baik itu pil KB, alat kontrasepsi (IUD), atau injeksi dapat meningkatkan jumlah hormon progresteron secara alami.

(Baca:
Apakah Pil KB Aman untuk Menunda Menstruasi?)

Perempuan usia subur lebih rentan terkena komplikasi influenza.

Sejauh ini, WHO telah memasukan kontrasepsi hormonal dalam daftar obat penting karena manfaatnya.

Untuk penelitian ini, tim memberikan implan progesteron pada tikus betina yang terjangkit virus influenza A. Kondisi mereka yang sudah masuk fase radang paru-paru, lambat laun mengalami perbaikan setelah disuntik implan progesteron. (Boldsky)



Lihat Video: Melindungi Generasi dari Obat Palsu


 


(DEV)