Detoksifikasi Tubuh dengan Bawang Putih

Torie Natalova    •    Sabtu, 01 Oct 2016 16:44 WIB
tips kesehatan
Detoksifikasi Tubuh dengan Bawang Putih
Detoksifikasi Tubuh dengan Bawang Putih (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tanpa disadari, secara tidak langsung tubuh Anda sering terpapar polusi juga bahan kimia beracun dari makanan. Jika jumlah racun yang masuk dalam tubuh terlalu banyak, bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan.

Misalnya, saat Anda mengonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri atau logam berat, itu bisa mempengaruhi otak, paru-paru dan ginjal Anda.

Hati, ginjal dan sistem linfatik sangat efektif memecah dan menyingkirkan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Jika organ ini rusak, maka secara otomatis tubuh Anda tidak bisa bekerja maksimal menghilangkan racun.

Ada beberapa cara alami untuk membantu menghilangkan atau mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti berikut.

1. Minum air jeruk
Vitamin C merupakan kunci utama kekuatan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu tubuh memproduksi glutathione, antioksidan yang bertugas menetralkan racun dan meningkatkan enzim pencernaan.

2. Makan bawang putih
Seperti jeruk, bawang putih membantu produksi glutathione dan mendukung enzim hati. Bawang putih juga memiliki 39 zat yang berbeda untuk melawan jamur, bakteri, parasit, dan virus.

3. Makan sayuran hijau
Ahli mengatakan, sayuran hijau bisa jadi persediaan nutrisi dalam tubuh. Banyak proses detoks dalam tubuh berkaitan dengan kadar vitamin dan mineral terutama vitamin B, seng, magnesium, mangan, dan molybdenum yang cukup. Bayam, brokoli dan kubis bisa jadi alternatif sayuran hijau.

Cara Detoksifikasi yang Tepat

4. Minum banyak air
Ginjal menghasilkan urine yang memiliki tugas utama membantu tubuh mengeluarkan racun. Sehingga, minum banyak air putih bisa membantu kinerja ginjal Anda.

5. Minum teh
Teh hijau, hitam dan oolong berasal dari tanaman yang sama. Tapi, pengolahan teh hijau dengan mengukus daun teh yang layu bisa menghasilkan minuman yang kaya akan katekin, senyawa yang menghilangkan radikal bebas. Sebuah studi di University of Arizona Cancer Center menemukan bahwa orang yang minum katekin teh hijau mengalami peningkatan enzim hingga 80 persen yang mampu melindungi tubuh dari kanker juga racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

6. Berkeringat
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keringat Anda berisikan jejak logam berat seperti arsenik, timbal dan merkuri. Masing-masing racun memiliki kadar 1-2 persen. Olahraga yang baik dapat membuat Anda mengeluarkan racun lewat keringat.

7. Latihan mengontrol nafas
Oksigen adalah komponen penting namun kurang dihargai sebagai detoksifikasi alami tubuh. Menghirup nafas yang dalam selama lima detik melalui lubang hidung kemudian dilepaskan melalui mulut, merupakan cara menukar karbondioksida dengan oksigen. Ini bisa membantu sistem limfatik untuk menangkal racun, patogen dan limbah.



 


(ELG)