Ini Penyebab Seringnya Kecelakaan di Rumah

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Sep 2016 11:00 WIB
keluarga
Ini Penyebab Seringnya Kecelakaan di Rumah
(Foto: Designrulz) Bersihkan selalu kamar mandi Anda, agar si kecil tidak terpeleset.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut data Riskesdas 2013, kecelakaan yang biasa terjadi di dalam rumah, dimana angkanya menyumbang sebesar 35,5 persen, biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu kondisi yang tidak aman dan perilaku yang tidak aman.

Demikian disampaikan dr. Lelitasari, MKK, praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life dalam acara peluncuran kampanye #SiagaHansaplast, Kamis (15/9/2016) lalu.

"Kondisi yang tidak aman contohnya tangga. Itu mungkin tak masalah bagi orang dewasa, namun bagi anak-anak dan manula tentu cukup membahayakan," ujarnya memberi contoh.

Ia juga mengungkapkan bahwa kamar mandi adalah tempat yang paling tidak aman di dalam rumah, dimana tingkat kecelakaan sering terjadi karena faktor lantai yang licin sehingga bisa menyebabkan seseorang terpleset hingga terbentur.

(Baca juga: Efek Sehat Menyanyi di Kamar Mandi)

Sementara, untuk perilaku tidak aman yang merupakan faktor dari dalam manusia itu sendiri, yaitu dikarenakan akibat terlalu sibuk melihat ke handphone. Ini menjadi salah satu perilaku juga yang paling banyak menyebabkan kecelakaan. Hal ini dikarenakan fokus hanya tertuju pada satu arah sehingga tidak waspada.

Selain itu, dr. Leli juga mengungkapkan bahwa usia yang paling rentan mengalami kecelakaan di rumah adalah anak berumur dibawah lima tahun. "Mereka memiliki postur tubh dimana kepala lebih besar daripada tubuh, sehingga tidak seimbang dan lebih gampang oleng dan terjatuh," tutupnya.






(TIN)