Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi, Gunakan Teether

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 07 Sep 2016 08:32 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Rangsang Pertumbuhan Gigi Bayi, Gunakan Teether
(Foto: Baby Center)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada usia 3-4 bulan, bayi biasanya sudah mengalami gejala tumbuhnya gigi. Gigi dan gusi mereka akan terasa gatal sehingga rasanya ingin menggigit apapun.

Hal itu berlangsung terus sampai gigi benar-benar tumbuh.

Untuk mempercepat tumbuhnya gigi, Dr. Eva Faiziah, drg., Sp.KGA menyarankan pemberian teether sebagai rangsangan. (Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Mengenalkan Anak dengan Pasta Gigi?)

"Teether bagus untuk merangsang pertumbuhan gigi susu, apalagi pada masa awal," ujar Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia cabang Jakarta ini dalam acara Media Briefing Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2016, Selasa (6/9/2016).

Meski demikian, teether diberikan hanya ketika gigi anak merasa gatal. "Kalau dikasih setiap saat, nanti jadi kebiasaan dan malah memengaruhi kesehatan gigi."

Pastikan juga teether dalam keadaan steril saat diberikan kepada anak.

Perlu diketahui, ada dua jenis teether, yaitu yang polos, dan yang memiliki cairan di dalamnya. Drg Eva mengingatkan untuk memilih teether dengan bahan yang tidak terlalu keras.

"Bila perlu jangan pakai yang terdapat cairan di dalamnya karena  bila bocor maka akan bahaya saat tertelan anak," saran dia.




(DEV)