Manfaat Makan Buah Sitrus Usai Menyantap Hidangan Berlemak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 24 Aug 2016 14:29 WIB
diet
Manfaat Makan Buah Sitrus Usai Menyantap Hidangan Berlemak
(Foto: Healthdirect)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan, konsumsi buah sitrus seperti jeruk atau lemon membantu mencegah penyakit jantung, obesitas, gangguan hati, dan diabetes.

Buah-buahan jenis ini mengandung antioksidan yang disebut flavanon.

Ketika orang mengkonsumsi pola makan tinggi lemak, akan terjadi akumulasi lemak dalam tubuh. Sel lemak memproduksi spesies oksigen reaktif berlebih yang dapat merusak sel. Hal ini dikenal dengan tekanan oksidatif.

Terjadinya tekanan oksidatif dan inflamasi secara bersamaan, kemudian akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, gangguan hati, dan diabetes.

"Hasil kami mengindikasi bahwa di masa depan flavanon pada jeruk dapat digunakan untuk mencegah atau menghambat penyakit kronik akibat obesitas," ujar Paula S. Ferreira, mahasiswa Universidade Estadual Paulista (UNESP) di Brazil.

Buah sitrus tak hanya baik untuk orang yang obesitas, tetapi juga mereka yang kurus dan memiliki pola makan yang tak sehat.

Studi ini dilakukan pada 50 tikus yang diberi zat flavanon jenis hesperidin, eriocitrin, dan eriodictyol. Kandungan ini terdapat pada jeruk, lemon, dan jenuk nipis.

Penelitian yang dilakukan selama satu bulan itu membagi tikus dalam beberapa kelompok, yakni tikus dengan pola makan standar, dan pola makan tinggi lemak.

Hasilnya, grup yang mengkonsumsi pola makan tinggi lemak mengalami kerusakan sel sebanyak 80 persen dalam darah, dan 57 persen pada organ hati, bila dibandingkan dengan grup pola makan standar.

Namun, konsumsi flavanon setelah makan makanan berlemak mampu menurunkan risiko tersebut hingga 50-64 persen.


(DEV)