6 Dampak Buruk Jika Makan Sambil Berbicara

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:24 WIB
tips kesehatan
6 Dampak Buruk Jika Makan Sambil Berbicara
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak sedikit orang makan sambil diselingi dengan bicara atau bergerak. Mungkin terdengar sepele, tetapi tahukah Anda bahwa hal itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan?

Makan dengan tenang dan tanpa berbicara tak hanya dapat meningkatkan rasa makanan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Inilah akibatnya jika Anda makan sambil bergerak dan berbicara.

1. Asam lambung naik

Pencernaan bekerja ketika Anda makan, sehingga bergerak dan bicara akan mengganggu pencernaan Anda. Ini terjadi karena partikel makanan tidak dipecah dengan benar dan tetap berada di usus. Hal ini mengakibatkan Anda menjadi lesu, mengalami gangguan pencernaan, dan banyak masalah lainnya.

2. Perut kembung

Ini efek yang kerap terjadi ketika Anda terlambat pergi ke kantor dan mengambil sepotong roti atau apel kemudian memakannya di jalan.

3. Peningkatan aktivitas kandung kemih

Hal ini terjadi pada kebanyakan individu yang minum kopi atau teh sambil berjalan dan bercakap-cakap atau saat mengemudi. Dorongan untuk buang air kecil meningkat akibat kafein.

4. Mual

Jika Anda sudah sering mengalami mual, maka bisa jadi karena aktivitas yang salah saat makan. Makanan yang dikonsumsi ini dirancang untuk menghasilkan, tetapi jika perut tidak diberi istirahat yang cukup, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan yang merugikan.

Mual sebagian besar dirasakan saat seseorang minum susu hangat atau protein secara tergesa-gesa. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna dan memecahnya.

5. Pembentukan gas

Pembentukan gas adalah masalah umum yang terkait dengan gangguan pencernaan dan kembung. Hal itu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan lesu. Dalam kasus yang merugikan, pembentukan gas menyebabkan nyeri dada parah dan bahkan stroke ringan. Jadi jika Anda adalah salah satu dari mereka yang cenderung minum minuman berkarbonasi dan kafein saat bepergian, hal ini mungkin akan menjadi masalah serius bagi tubuh Anda.

6. Makan lebih banyak:

Aspek penting lainnya dari makan sambil bergerak adalah orang cenderung makan lebih banyak dan gagal melacak tingkat nafsu makan dan terus mengunyah makanan. Hal ini pasti akan menyebabkan perut kembung karena makan berlebih dan menambahkan ekstra kilo ke lingkar pinggang Anda.





(DEV)