Bahaya Gula Darah yang Tak Terkontrol

Torie Natalova    •    Kamis, 19 Oct 2017 13:36 WIB
diet
Bahaya Gula Darah yang Tak Terkontrol
Peneliti menemukan bahwa hanya satu hari saja Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak, dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. (Foto: Rawpixel.com/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menjalani program diet atau penurunan berat badan yang sehat, sebagian orang akan menjalani pola makan ketat lima hari kerja, dan akan memenuhi hasrat makanan mereka setiap hari libur atau akhir pekan.

Sayangnya, peneliti menemukan bahwa hanya satu hari Anda mengonsumsi makanan yang dihindari seperti makanan bergula atau berkalori, dapat secara signifikan mempengaruhi kontrol gula darah Anda. Ini berlaku termasuk untuk kalangan muda hingga lanjut usia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak atau bergula secara jangka panjang dapat menyebabkan kenaikan gula darah. 

Kondisi ini buruk bagi kesehatan karena dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.



(Baca juga: Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes)

Namun, tim dari Loughborough University ingin mengetahui apakah pengendalian gula darah seseorang terpengaruh pada waktu makan yang banyak atau sedikit.

Peneliti menemukan bahwa hanya satu hari saja Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak, dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang menunjukkan adanya penurunan kemampuan tubuh untuk menangani gula secara efektif.

Menurut penulis studi Dr. Carl Hulston, hal ini penting diketahui karena kadar gula berlebih dapat menjadi racun. Tidak hanya ini, produksi insulin yang terlalu banyak oleh pankreas, dapat menyebabkan disfungsi pankreas dan ketidakmampuan memproduksi insulin bila diperlukan. 

Fakta inilah yang perlu diketahui sehingga Anda sadar dengan makanan yang dikonsumsi dan bagaimana itu dapat mempengaruhi kesehatan Anda.











(TIN)