Jeruk Bantu Turunkan Berat Badan, Bagaimana Bisa?

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 23 Mar 2018 14:54 WIB
diet
Jeruk Bantu Turunkan Berat Badan, Bagaimana Bisa?
Buah jeruk tak hanya rasanya yang menyegarkan tapi bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Foto: Shutterstock

Jakarta: Bila Anda sudah bersusah payah berusaha menurunkan berat badan namun tak juga menuai hasil yang diinginkan, mungkin Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah jeruk. Jeruk memiliki kandungan kalori rendah, menjadikannya pilihan sehat untuk menurunkan berat badan. 

Jeruk juga mengandung vitamin C, A, kalsium, vitamin B6 dan magnesium. Selain itu jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan antara lain bisa membersihkan gusi dan lidah Anda, melawan infeksi tenggorokan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan beberapa jenis usus. Lalu bagaimana buah sitrus ini membantu Anda menurunkan berat badan? Dilansir dari Boldsky, berikut alasannya.

1. Jeruk mengandung serat
Jeruk mengandung 3,1 gram serat total makanan. Kandungan serat ini akan mengisi perut Anda dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda mengkonsumsinya sebelum makan, kadar serat buah mungkin akan membuat Anda kenyang. Ini akan membuat Anda makan makanan dengan porsi lebih sedikit.

2. Jeruk camilan rendah kalori
Satu buah jeruk lebih rendah kalori daripada makanan ringan lainnya. Satu porsi keripik kentang tawar misalnya, mengandung 154 kalori, yakni dua kali lipat kalori dalam jeruk. Jadi sebagai camilan sehat, Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk.

3. Diet jeruk untuk menurunkan berat badan
Minumlah dua liter jus jeruk per hari, pertama pada pagi hari saat perut kosong dan kedua bisa diminum pada sore hari. Minumlah jus jeruk setengah jam sebelum sarapan. Sedangkan setelah makan siang, beri jeda waktu dua jam sebelum minum segelas jus jeruk yang kedua.

4. Konsumsi jus jeruk alami
Jangan minum jus jeruk yang ada pada kemasan atau botol, namun diperbolehkan juga jika dalam kemasannya mengklaim 100 persen alami. Tapi akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi jus jeruk buatan sendiri.

Agar diet Anda optimal, tak hanya jeruk saja yang perlu dikonsumsi. Anda harus mengikuti pola diet yang sehat dan seimbang, misalnya saja dengan menambahkan menu kacang-kacangan, sayur dan buah, gandum utuh, jangan minum soda atau kopi, pilih teh hitam atau teh hijau daripada kopi serta hindari manis-manisan.


(ROS)