Alkohol Bisa Memicu Tujuh Jenis Kanker

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 22 Nov 2017 12:27 WIB
studi kesehatan
Alkohol Bisa Memicu Tujuh Jenis Kanker
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Pecandu minuman beralkohol sebaiknya segera mengubah kebiasaan buruk tersebut. Sebab, mengonsumsi minuman beralkohol dapat memicu kanker.

Berdasarkan hasil penelitian selama 10 tahun dan data riset kanker dunia, alkohol adalah penyebab tujuh jenis kanker, yaitu hati, usus besar, rektum, payudara, orofaring, pangkal tenggorokan, dan kerongkongan.

Risiko tersebut tidak hanya mengancam pecandu alkohol. Orang yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah sediki pun memiliki risiko yang sama.

"Risiko tertinggi dikaitkan dengan peminum berat. Namun beban yang cukup besar (juga) dialami peminum dengan konsumsi rendah sampai sedang," kata penulis hasil kajian Jennie Connor seperti dikutip dari newser.com.

Klik: Konsumsi Teh Hijau Berlebihan Berpotensi Menurunkan Kesuburan

Mengonsumsi 50 gram alkohol setiap hari berisiko tujuh kali lebih besar mengidap kanker orofaring, pangkal tenggorokan, dan kerongkongan. Alkohol juga dapat menyebabkan kanker kulit, prostat, pankreas.

Namun, para ilmuwan belum mengetahui bagaimana alkohol dapat memicu kanker. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuat orang-orang menjauhi alkohol.  

Pakar kesehatan juga meminta label peringatan pada minuman beralkohol lebih "menyeramkan", seperti peringatan pada produk tembakau.

Klik: Minum Alkohol Berlebihan Picu Gangguan Hormon
 


(TRK)