Konsumsi Kacang Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 18 Nov 2017 20:13 WIB
jantung
Konsumsi Kacang Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Konsumsi Kacang Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung (Foto: gettyimages)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi kacang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Para peneliti memelajari 210.836 pria dan wanita dalam tiga studi kesehatan dari tahun 1980 hingga 2013. Mereka menilai konsumsi kacang para partisipan yang dipantau setiap empat tahun sekali. Selama beberapa tahun, terdapat 8.390 kasus jantung koroner dan 5.910 kasus stroke.

Setelah melihat pada faktor merokok, hipertensi, riwayat keluarga tentang penyakit jantung dan beberapa faktor lain; mereka menemukan bahwa risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung semakin kecil pada partisipan yang makan banyak kacang-kacangan.

Dibandingkan mereka yang tak mengkonsumsi kacang-kacangan sama sekali, partisipan yang mengkonsumsi kurang dari satu ons kacang per minggu mengalami penurunan risiko serangan jantung dan stroke hingga 9 persen dan jantung koroner sebanyak 12 persen.

Konsumsi satu ons kacang lima kali seminggu dapat menurunkan kejadian kardiovaskular hingga 14 persen dan gangguan jantung koroner hingga 20 persen.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology tersebut menemukan bahwa efek tersebut terlihat pada semua jenis kacang-kacangan, termasuk kacang tanah.

"Kacang memiliki komposisi nutrisi yang unik, tinggi lemak tak jenuh, serat dan mineral," kata penulis utama, Marta Guasch-Ferré, seorang peneliti di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard T.H. Chan.

Menurutnya, tanaman tersebut harus dimasukkan sebagai bagian dari makanan sehat.

 


(ELG)