Terlalu Sering Membersihkan Wajah Bikin Jerawatan?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 03 Jan 2018 15:20 WIB
kesehatan kulit
Terlalu Sering Membersihkan Wajah Bikin Jerawatan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Meski tak berbahaya, jerawat dapat merusak penampilan seseorang. Di samping itu, jerawat juga menjadi indikasi seseorang sedang stres. Dilansir dari The Health Site, jerawat bisa terjadi karena produksi minyak wajah yang berlebihan, konsumsi makanan pedas dan berlemak, atau terlalu sering membersihkan wajah.

Poin yang terakhir, banyak membuat orang tercengang mengingat cuci muka menjadi cara untuk menghalau jerawat yang paling dasar.

Bagaimanakah definisi dari cuci muka berlebihan?Ternyata, mencuci muka lebih dari tiga kali sehari masuk dalam kategori tersebut.

Jika Anda memiliki tipe kulit normal, cuci muka dengan air dan sabun ringan dua atau tiga kali sehari.

Sementara, jika kulit wajah rentan mengalami jerawat, cucilah sebanyak dua kali sehari dengan pembersih yang lembut. Biasakan melakukan perawatan lain seperti scrub dan pengelupasan kulit dengan interval lebih sering.

Di sisi lain, penggunaan pembersih dengan zat yang kuat (seperti toner dengan alkohol) dapat membuat kulit mengelupas dan iritasi. Akibatnya, jerawat yang muncul lebih banyak.

Kemudian, iklim yang panas dan lembap juga dapat memicu jerawat semakin parah karena kulit cenderung lebih sering berkeringat. Mencuci muka saat cuaca sedang panas juga dapat membuat kulit mudah rusak karena terkelupas secara berlebih.




(DEV)