Peneliti Temukan Cara Mudah Mengingat Informasi

Raka Lestari    •    Selasa, 02 Jan 2018 14:32 WIB
studi kesehatan
Peneliti Temukan Cara Mudah Mengingat Informasi
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Bermain teka-teki silang dan berolahraga merupakan salah satu dari beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan daya ingat. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda coba untuk meningkatkan daya ingat.

Peneliti dari University of Waterloo di Kanada menemukan cara yang paling mudah untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Memory menyebut mengatakan, membaca dapat meningkatkan kemampuan mengingat sebanyak 15 persen.

Para ilmuwan meminta 95 peserta untuk menguji empat metode untuk mempelajari informasi tertulis: membaca tanpa suara, mendengar orang lain membaca, membaca dengan suara keras, dan mendengarkan rekaman orang yang sedang membaca. Hasilnya, para peserta yang membaca informasi dengan suara keras menunjukkan daya ingat terbaik dengan kecepatan mengingat sebanyak 5-15 persen.

"Ucapkan informasi yang ingin Anda ingat dengan lantang dan Anda akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengingatnya. Ya, sesederhana itu!" ujar Colin MecLeod, seorang psikolog yang juga salah satu peneliti dari studi tersebut kepada Inc.

Kombinasi efek dari berbicara dan mendengarkan diri sendiri adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan memori, menurut para ahli. Hal tersebut disebut juga dengan "the production effect," yang mana membaca dengan keras memungkinkan otak kita menyimpan informasi itu dalam ingatan jangka panjang.




(DEV)