4 Manfaat Baik Konsumsi Cokelat Hitam

Cecylia Rura    •    Jumat, 10 Nov 2017 15:12 WIB
4 Manfaat Baik Konsumsi Cokelat Hitam
Kandungan flavanol dalam cokelat hitam dapat menstimulasi endothelium pada arteri untuk memproduksi gas oksida nitrat. (Foto: Lucas Alexander on Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cokelat hitam tak hanya enak dikudap, namun rupanya memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Dibuat dari biji pohon cocoa, cokelat hitam menjadi sumber antioksidan terbaik yang pernah ada.

Sebuah studi memaparkan, cokelat hitam murni dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung, dikutip dari healthline.com.

(Baca juga: Cokelat, Makanan Para Dewa dengan Segudang Manfaat)



1. Mengandung banyak nutrisi
Cokelat hitam yang berkualitas mengandung kakao yang tinggi dan cukup bergizi. Kaya akan serta dan penuh dengan mineral.  Satu batang cokelat 100 gram dengan kandungan 70-85 persen kokoa mengandung 11 gram serat, 67 persen zat besi, 58 persen magnesium, 89 persen copper, 98 persen mangan, serta beberapa zat potasium, fosfor, zink, dan selenium.

Oleh karena itu, cokelat hitam paling baik dikonsumsi secukupnya. Cokelat hitam juga mengandung stimulan seperti kafein dan theobromine, namun tidak membuat Anda tetap terjaga di malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam cokelat hitam lebih sedikit dibandingkan dengan kopi.

2. Kaya antioksidan
Sebuah studi memaparkan, cokelat hitam mengandung senyawa organik yang secara biologis aktif dan berfungsi sebagai antioksidan. Termasuk di antaranya polifenol, flavanol, katekin, dan sebagainya.

Selain itu, Cocoa dan cokelat hitam juga mengandung antioksidan, polifenol dan flavanol lebih banyak dibandung buah lain seperti blueberry dan acai berry.



3. Melancarkan peredaran darah mengatasi tekanan darah tinggi
Kandungan flavanol dalam cokelat hitam dapat menstimulasi endothelium pada arteri untuk memproduksi gas oksida nitrat. Oksida nitrat bertugas mengirim sinyal kepada arteri untuk lebih rileks dan mengurangi tekanan darah berlebih.

4. Memaksimalkan kinerja fungsi otak
Kembali dipaparkan melalui sebuah studi, lima hari mengonsumsi kakao yang mengandung flavanol tinggi dapat memperbaiki aliran darah ke otak. Secara signifikan, kakao juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orangtua yang mengalami gangguan mental.

Di samping itu, kakao juga mengandung zat perangsang seperti kafein dan theobromine, yang berfungsi untuk memperbaiki fungsi otak dalam jangka pendek.








(TIN)