Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Tanpa Diet

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 28 Mar 2017 10:12 WIB
berat badan
Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan Tanpa Diet
VMengembalikan berat badan kembali normal setelah melahirkan adalah hal yang menantang bagi sebagian besar ibu, terutama bagi mereka yang bekerja dengan memerhatikan penampilan. (Foto: Pinterest/Andeelayne.blogspot.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengembalikan berat badan kembali normal setelah melahirkan adalah hal yang menantang bagi sebagian besar ibu, terutama bagi mereka yang bekerja dengan memerhatikan penampilan. 

Namun, beberapa ibu tak ada waktu untuk berdiet karena terlalu sibuk mengurus buah hati. Berikut adalah beberapa cara mudah menurunkan berat badan di sela-sela kesibukan menjadi ibu baru. 



1. Makan dengan benar
Jika tak sempat memikirkan menu sehat yang akan diasup, cobalah untuk tidak mengonsumsi makanan cepat saji karena hal itu akan membuat Anda semakin lapar. Makanlah dengan porsi kecil namun sering, sehingga tak mudah merasa lapar dan menjaga agar jumlah kalori tak berlebih. 



2. Terus bergerak

Pasca-melahirkan tak banyak pekerjaan berat yang bisa dilakukan. Namun, bukan berarti Anda berhenti bergerak, cobalah membersihkan rumah sebagai ganti olahraga.

Semakin Anda banyak bergerak, semakin banyak lemak yang terbakar. Selain itu, Anda juga bisa membakar lemak dengan cara jalan selama 30 menit dengan durasi yang semakin ditambah. 

(Baca juga: 5 Rahasia Sukses Menurunkan Berat Badan)



3. Menyusui
Selain memberi nutrisi pada bayi, menyusui juga bisa menurunkan berat badan ibu. Saat menyusui, normalnya ibu hanya membutuhkan tambahan 500 kalori dari asupan normal. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan berlebih dengan alasan menyusui. 



4. Olahraga dengan anak
Ada berbagai jenis gerakan olahraga yang bisa dilakukan bersama anak, seperti berjalan santai di pantai, squat, dan olahraga lain dengan anak sebagai beban. 



5. Minum banyak air
Selain membersihkan racun dalam tubuh, konsumsi air putih juga bisa mempercepat proses metabolisme. Tubuh yang terhidrasi juga membuat tubuh merasa ternutrisi dan kenyang sehingga tak cepat lapar. 






(TIN)