9 Pekerjaan yang Meningkatkan Risiko Kanker

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 29 Nov 2016 11:25 WIB
informasi kesehatan
9 Pekerjaan yang Meningkatkan Risiko Kanker
(Foto: Awakening Times)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kanker tak hanya terjadi akibat gaya hidup yang tak sehat. Beberapa faktor lain berkontribusi meningkatkan risiko kanker. Misalnya, pekerjaan.

Menurut penelitian, ada sembilan jenis pekerjaan yang memicu potensi tumbuhnya sel abnormal dalam tubuh sehingga muncul kanker.

1. Pekerja shift

Banyak studi menemukan bahwa bekerja pada shift malam meningkatkan risiko terkena kanker. Penyebabnya, terjadi gangguan irama sirkadian dalam tubuh. Gangguan tersebut dapat memicu kanker payudara pada wanita dan kanker paru-paru pada pria.

2. Sedikit bergerak

Pekerjaan yang hanya berpaku pada komputer dan kurang aktivitas fisik rentan memicu beberapa jenis kanker seperti usus besar, endotetrial, payudara, dan paru-paru.

3. Pilot dan pramugari

Para ilmuwan mengklaim bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan penerbangan udara membuat pilot dan pramugari terkena paparan berlebih dari sinar UV dan radiasi kosmik. Penyebabnya adalah berada di ketinggian yang tak wajar dalam jangka waktu lama sehingga bisa meningkatkan risiko kanker.

4. Supir

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker membuktikan bahwa asap knalpot mesin diesel bersifat karsinogenik. Oleh karena itu, supir lebih rentan menderita kanker paru-paru karena mereka kebanyakan menghirup gas ini selama berjam-jam.

5. Pekerja di bagian metal

Pekerja ini memiliki risiko lebih besar mengalami kanker ginjal dan laring. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang bekerja di bidang ini 75 persen lebih besar mengidap kanker payudara.

6. Penambang

Penambang berhubungan dengan logam beracun dan memiliki risiko kematian tinggi. Mereka juga lebih rentan terhadap kanker perut, otak, dan tiroid.

7. Pekerja industri plastik

Pekerja di bidang ini berisiko lebih besar menderita kanker hati, ginjal, dan laring karena mereka terkena paparan berlebih dari debu kayu, kadmium, dan berbagai asap beracun lainnya.

8. Penata rambut

Meski sulit dipercaya, paparan kimia berbahaya yang terdapat pada pewarna yang digunakan dapat memicu kanker kandung kemih, laring, dan paru-paru.

9. Pekerja konstruksi

Ternyata, kanker kulit dan kanker paru-paru banyak dialami oleh pada pekerja konstruksi. Penyebab umum dari penyakit ini adalah debu dan asbes yang bayak terdapat di udara dan mengenai kulit.


(DEV)