Orangtua Harus Cermat Memilih Makanan untuk Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 12 Nov 2016 21:49 WIB
kesehatan anak
Orangtua Harus Cermat Memilih Makanan untuk Anak
Orangtua Harus Cermat Memilih Makanan untuk Anak (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun terus bertumbuh, ada dua masa anak akan mengalami perkembangan yang terbilang pesat, yaitu saat bawah lima tahun (balita) dan remaja.

"Pada masa balita  terjadi pertumbuhan cepat yang bila ditinjau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) normalnya akan menunjukkan grafik melambung dan berada di bagian hijau," terang dokter spesialis gizi klinik dr. Fiastuti Witjaksono, M.S, Sp.GK dalam acara pembukaan 150 Years Nestlé Story, Sabtu (12/11/2016).

Ia menerangkan, saat anak sudah berusia satu tahun, sebaiknya anak diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan di mana pada usia tersebut sudah dapat mengkonsumsi makanan keluarga atau makanan yang sama dengan orang tuanya.

Orang tua harus cermat dalam memilihkan makanan karena harus disesuaikan dengan umur dan berat badan anak. Pada usia ini, sebaiknya anak diperkenalkan dengan makanan sehat agar lebih terbiasa dan dihindarkan dari makanan yang bersifat junk food seperti terlalu manis, terlalu asin, berlemak tinggi, dan kaborhidrat berlebih.

"Usahakan jangan memberikan mereka makanan yang sifatnya bertepung seperti biskuit, jajanan pasar, atau camilan," sarannya.

Selain saat balita, pertumbuhan cepat juga akan dialami pada saat remaja. Di masa ini, diperlukan kebutuhan nutrisi yang wajib dipenuhi berdasarkan berat badan.

Salah satu rumus untuk mengetahui kebutuhan nutrisi saat remaja adalah 0,8-1,2 gram untuk setiap kilogram berat badan per hari jika ingin mengetahui asupan yang tepat untuk protein.

Selain protein, lemak juga penting untuk pertumbuhan remaja karena berfungainuntuk bahan baku pembentukan hormon reproduksi. Tak lupa beberapa nutrisi lain seperti kalsium untuk pertumbuhan tulang, zat beai, dan asam folat.

Usia dewasa pun tak boleh luput dari pemenuhan gizi agar bisa tetap sehat optimal. Porsi makan yang tepat untuk usia ini adalah 55-70 persen, protein 15-20 persen, dan lemak 25-30 persen untuk setiap kali makan.




(ELG)