Stop Ciumi Bayi Baru Lahir

Yatin Suleha    •    Selasa, 15 Nov 2016 12:53 WIB
kesehatan anak
Stop Ciumi Bayi Baru Lahir
Sejauh mana pengunjung (juga Anda dan ayahnya) boleh berdekatan juga menciumi si kecil. (Foto: Aryzauq)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menciumi bayi Anda adalah hal yang sangat wajar. Setelah selama sembilan bulan Anda menunggu-nunggunya, saat si kecil lahir tentu saja hasrat keibuan Anda (juga ayah) sangat luar biasa.

Namun, ada satu hal yang sangat dilarang pada bayi yang baru lahir (newborn 0-28 hari), yaitu menciuminya. Ya! Stop menciumi bayi baru lahir. Dilansir dari tulisan "Should You Let People Kiss Your Baby? One Mom Doesn't Think So" oleh Bonnie Gibbs Vengrow tentang sejauh mana pengunjung (juga Anda dan ayahnya) boleh berdekatan juga menciumi si kecil.

Seorang ibu di Inggris, Claire Henderson harus melarikan bayi peremuannya Brooke yang baru berusia satu bulan ke rumah sakit karena terkena herpes simplex virus 1.

(Baca juga: Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda)

Ini terjadi saat salah satu keluarganya, ada yang diam-diam menciumi bibir si Brooke, yang pada orang dewasa virus tersebut juga cukup mengganggu berbentuk luka di sekitar mulut-dan pada bayi bisa saja menjadi sesuatu yang fatal.

Menurut American Academy of Pediatrics, jika tidak ditindak lanjuti, penyakit ini bisa jadi sangat menular dan menyebabkan infeksi yang parah seperti; otak, paru-paru, sakit ginjal, luka di sekitar kulit, dan mata.

Sekarang Anda memahami, bahwa mencuci tangan bersih sebelum menggendong itu penting, juga pastikan tidak menciuminya di sekitar mata dan mulutnya dulu (terutama para tamu).







(TIN)