Minum Kopi Dingin Tak Bikin Mulas Orang dengan Pencernaan Sensitif

Nia Deviyana    •    Kamis, 20 Jul 2017 13:04 WIB
kesehatan
Minum Kopi Dingin Tak Bikin Mulas Orang dengan Pencernaan Sensitif
(Foto: Time)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski bisa menyebabkan jantung berdebar pada beberapa orang, di sisi lain kopi memiliki manfaat kesehatan. Minuman berkafein ini tinggi kandungan antioksidan, polifenol, dan mineral sehingga membantu mencegah peradangan pada tubuh.

Namun, akankah manfaat tersebut hilang jika kopi disajikan dingin bersama es?

Jawabannya, tidak, kata Frank Hu, MD, PhD, profesor epidemiologi dan gizi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

"Ada berbagai manfaat kesehatan berkaitan dengan minum kopi," tambah Dr Frank.

Banyak penelitian besar menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif, dan panjang umur. Selain itu, ada juga penelitian yang menunjukkan peningkatan fungsi kognitif dan penurunan risiko depresi.

Soal kopi dingin, justru diklaim lebih baik untuk pencernaan karena kandungan asamnya menjadi lebih sedikit dibanding kopi panas.

Frank menambahkan, bukan kopi dingin yang harus diwaspadai, melainkan kopi dengan tambahan krim, susu, dan gula sehingga memiliki banyak kalori.

Namun, pada Anda sangat peka dengan kafein, kopi dingin memang akan membuat Anda semakin gelisah karena kandungan kafeinnya yang lebih tinggi. Saran Hu, perbanyak minum air putih usai mengonsumsi kopi.




(DEV)