Jaga Kesehatan Jantung Bantu Cegah Pikun di Usia Paruh Baya

Nia Deviyana    •    Kamis, 20 Jul 2017 11:58 WIB
kesehatan jantung
Jaga Kesehatan Jantung Bantu Cegah Pikun di Usia Paruh Baya
(Foto: Eastbrookemedical)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang merawat kesehatan jantung di usia 20-an berpeluang memiliki kesehatan otak yang lebih baik saat mereka memasuki usia paruh baya.

Laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Neurologi itu merujuk pada pedoman kesehatan jantung yang tertulis dalam American Heart Association's Life's Simple 7, yang mencakup menjaga kolesterol tetap terkendali, mengendalikan tekanan darah, mengurangi gula darah, makan sehat, menurunkan berat badan, berhenti merokok, dan berolahraga.

Tak mengherankan jika ditemukan korelasi antara kesehatan jantung dan otak. Olahraga misalnya, membuat jantung berdegup kencang dan meningkatkan aliran darah serta pasokan oksigen ke otak.

Peneliti menganalisis 518 orang berusia 51 tahun selama 30 tahun. Semua partisipan mendapat skor 0-14 terkait seberapa baik mereka mengikuti panduan Simple Life 7.

Hasilnya menunjukkan, pasrtisipan yang mencetak angka tertinggi di awal penelitian memiliki volume otak lebih besar saat mereka mencapai usia paruh baya. Penulis penelitian ini mengatakan, setiap poin yang tidak dijalankan dalam Simple Life 7 berkontribusi terhadap penyusutan otak setiap bertambah usia satu tahun.

"Volume otak yang besar, relatif tergantung ukuran kepala, dikaitkan dengan kesehatan otak yang lebih baik," jelas Penulis Studi Michael Bancks, ahli pencegahan penyakit di Northwestern University Feinberg School of Medicine, dilansir dari Time.

Atrofi otak - volume otak yang lebih kecil - dikaitkan dengan kematian dan kecacatan. Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya korelasi antara volume otak yang kecil dengan penurunan fungsi kognitif dan peningkatan risiko stroke di usia paruh baya.




(DEV)