Bolehkah Mengganti Nasi dengan Buah?

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 12 Jul 2017 18:04 WIB
diet
Bolehkah Mengganti Nasi dengan Buah?
(Foto: Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara menghilangkan nasi dalam menu makan, kemudian memperbanyak asupan buah dan sayur. Benarkah pola penggantian makanan tersebut?

"Buah, meskipun sehat, tak bisa dimakan sebanyak mungkin karena bukan termasuk free flow food," ujar dr Reisa Broto Asmoro selaku dokter sekaligus presenter acara kesehatan di salah satu stasiun TV swasta dalam peluncuran Lemari Es Polytron Belleza 3, Rabu 12 Juli 2017.

Hal ini dikarenakan komposisi tiap buah yang berbeda, seperti ada buah yang tinggi lemak atau tinggi gula, meskipun bila dikonsumsi dalam batas wajar tidak memberi dampak buruk.

Menurut dr Reisa, tubuh membutuhkan nutrisi lain yang tak terdapat pada buah dan sayur yaitu makronutrien yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Bila kebutuhan makronutrien tersebut tak terpenuhi, maka tubuh akan memberikan efek kelaparan yang luar biasa.

"Nanti pas mau tidur, perut malah keroncongan, dan justru kita mengenyangkannya dengan makanan instan yang justru tak sehat," pungkas dr Reisa.

Sementara itu, terkait pemilihan penggantian nasi dengan sayur atau buah, dr Reisa beranggapan bahwa hal itu tak masalah memilih yang mana meskipun beberapa jenis sayur lebih unggul dalam kandungan karbohidrat.

"Kalau ingin lebih mengenyangkan, pilih sayur. Karena walaupun jumlahnya sama, akan tetap berbeda kandungannya," tutupnya.




(DEV)