Benarkah Air Hangat dan Kopi Pahit Bantu Sembuhkan Flu Lebih Cepat?

Nia Deviyana    •    Selasa, 22 Aug 2017 12:15 WIB
healthy tips
Benarkah Air Hangat dan Kopi Pahit Bantu Sembuhkan Flu Lebih Cepat?
(Foto: ABCnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Influenza bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Terutama, jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah. Meski bukan penyakit yang berbahaya, flu membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman. Kepala pusing dan hidung terasa berat.

Belum lama ini, sebuah pesan ramai dibagikan di media sosial dan aplikasi berbalas pesan whatsApp, isinya menyebut air hangat dan kopi efektif menyembuhkan flu.
 

Pagi all baru dpt Ilmunya..nih.

*Penyembuhan Flu & Sakit Kepala dengan cepat... Jangan egois... Sebarkan ke seluruh kenalan Anda...*

*Saat mau flu. Silahkan coba. Tidak ada bahayanya...*

*Semoga flu & sakit kepala segera berlalu dari Anda !*

*Jika merasa mau flu dengan tanda ingus mulai meleleh, bersin2, sedikit sakit kepala. Itu saatnya flu terjadi...*

*1. Segera minum 2 atau 3 gelas air bersih hangat ( tdk blh minum es). Tunggu 3 s/d 5 menit.*

*2. Seduhlah 1 cangkir kopi, segala jenis kopi pahit _tanpa gula pasir_  Wajib minum yang panas baru bermanfaat (Jangan pakai es)*

*3. Setelah 20 s/d 30 menit minum air hangat & kopi panas tanpa gula pasir, Anda akan sgr pipis. Yang menakjubkan, flu, bersin2 & sakit kepala pun lenyap dari Anda.*

*Pengen tahu kenapa ?*

*1. Kopi tanpa gula pasir memicu kita cepat pipis, ditambah air hangat yg kita minum, membuat virus yg di dlm tubuh kita, terkuras keluar

*2. Kopi pahit tanpa gula pasir adalah additive, penambah semangat,  sehingga membuat kita lebih " aware". Rasa kantuk telah dihilangkan, Virus telah terkuras sebagian sewaktu kita pipis, maka flu akan cepat sembuh.*

Semoga banyak orang memetik manfaatnya...

*SEHAT ITU INDAH...*
*HIDUP JADI LEBIH BERMAKNA...*


Namun, benarkah informasi tersebut?

Dr Dian Permatasari, MGizi, SpGK, ahli gizi dari RSU Kota Tangerang Selatan mengatakan, belum ada bukti ilmiah terkait mengonsumsi air hangat dan kopi pahit dengan penyembuhan flu.

"Air putih kalau diminum sesuai kebutuhan atau minimal 8 gelas per hari memang bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dalam hal meningkatkan kekebalan tubuh. Kurang cairan dalam tubuh membuat kita sulit berkonsentrasi, mengantuk, cepat lelah, dan dehidrasi. Tetapi kalau untuk menyembuhkan flu, belum pernah dengar ada bukti ilmiahnya," jelas Dian saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (22/8/2017).

Begitu juga dengan kopi. Dian menambahkan, kopi memang bersifat diuretik sehingga mengonsumsinya dapat memicu buang air kecil lebih sering.

"Dan bisa membuat lebih terjaga dan tidak mengantuk. Tetapi kalau untuk menyembuhkan flu lebih cepat, belum ada bukti ilmiahnya," terang dia.

Untuk mempercepat penyembuhan flu, lanjut Dian, harus istirahat cukup dan makan makanan bergizi seimbang. Tidak perlu mengonsumsi antibiotik karena flu umumnya disebabkan oleh virus, sementara antibiotik untuk mengobati penyakit akibat bakteri.

(Baca: Jangan Minum Antibiotik Jika Tidak Diperlukan, Ini Akibatnya)


Dilansir dari Web MD, minum air hangat atau mengonsumsi makanan berkuah seperti sup ayam bisa membantu meredakan flu. Cairan hangat akan membantu meluruhkan lendir di saluran pernapasan. Dengan demikian, penderita flu bisa lebih mudah mengeluarkan lendir sehingga pernapasan terasa lebih lega.

Menghirup uap panas yang sudah ditambahkan minyak mentol atau minyak kayu putih juga dipercaya dapat membuka saluran pernapasan

Namun, lagi-lagi, belum ada bukti ilmiah terkait hal tersebut, meski beberapa metode berpengaruh pada beberapa individu. Dalam hal ini, masyarakat harus cerdas memilih informasi kesehatan.




(DEV)