BMI Tinggi Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 30 May 2017 11:05 WIB
kesehatan jantung
BMI Tinggi Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks masa tubuh (BMI) yang lebih tinggi adalah salah satu penyebab penyakit kardiovaskular muncul di usia pertengahan hingga paruh baya. Namun, ternyata berat badan yang berlebih di usia muda, bahkan pada 17 tahun, juga dapat memicu penyakit tersebut.

Para peneliti dari University of Bristol di Inggris memiliki hipotesa bahwa risiko kardiovaskular bisa muncul karena angka BMI yang tinggi di masa muda.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa dampak kausal BMI yang lebih tinggi pada curah jantung semata-mata didorong oleh volume darah yang dipompa oleh ventrikel kiri. Ini, setidaknya sebagian, dapat menjelaskan efek kausal dari BMI yang lebih tinggi pada hipertrofi jantung dan tekanan darah tinggi yang kami amati dalam semua analisis kami," tukas Kaitlin Wade, asisten penelitian di University of Bristol.

Para peneliti juga berpendapat bahwa obesitas menyebabkan kesehatan kardiovaskular yang lebih burung pada orang dewasa muda. Sementara, BMI yang lebih tinggi terlihat tidak memengaruhi detak jantung.

Hasil penelitian tersebut mendukung upaya mengatasi epidemi obesitas sejak dini untuk mencegah perkembangan perubahan kardiovaskular yang dikenal sebagai prekursor penyakit kardiovaskular.

"Kami percaya bahwa ada pesan yang jelas terkait kesehatan kardiovaskular dalam temuan kami dan kami berharap dapat menyebabkan peningkatan upaya untuk mengatasi obesitas sejak awal kehidupan," Wade menekankan dalam sebuah makalah yang dipresentasikan pada konferensi tahunan European Society of Human Genetics.


(DEV)