Komplikasi Pankreatitis Akut yang Mengancam Nyawa

Torie Natalova    •    Sabtu, 21 Apr 2018 22:15 WIB
Pankreatitis
Komplikasi Pankreatitis Akut yang Mengancam Nyawa
Komplikasi Pankreatitis Akut yang Mengancam Nyawa (Foto: ist)

Jakarta: Pankreatitis akut yakni sebuah kondisi di mana pankreas membengkak atau meradang dalam periode waktu yang singkat. Pankreas sendiri adalah organ kecil di belakang perut yang membantu pencernaan Anda.

Penyakit ini seringkali disebabkan oleh terlalu banyak dan sering mengonsumsi alkohol dan merokok. Pankreatitis akut dapat merenggut nyawa penderitanya jika mengalami komplikasi.

Adapun komplikasi serius yang dapat terjadi akibat pankreatitis akut seperti:

1. Pseudokista
Pankreatitis akut dapat menyebabkan cairan dan puing-puing dikumpulkan di kantong cystlike di pankreas Anda. Pseudocyst yang besar dan pecah dapat sebabkan komplikasi seperti pendarahan internal dan infeksi.

2. Infeksi
Pankreatitis akut dapat membuat pankreas Anda rentan terhadap bakteri dan infeksi. Infeksi pankreas serius memerlukan perawatan intensif seperti operasi untuk mengangkat jaringan yang terinfeksi.

3. Gagal ginjal
Pankreatitis akut dapat sebabkan gagal ginjal yang dapat diobati dengan dialisis jika gagal ginjal parah dan persisten.

4. Masalah pernapasan
Pankreatitis akut dapat menyebabkan perubahan kimia di tubuh Anda yang mempengaruhi fungsi paru-paru Anda, menyebabkan tingkat oksigen dalam darah Anda turun ke tingkat yang sangat rendah.

5. Diabetes
Kerusakan sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas Anda dari pankreatitis kronis dapat menyebabkan diabetes, penyakit yang mempengaruhi cara tubuh Anda menggunakan gula darah.

6. Malnutrisi
Pankreatitis akut dan kronis dapat sebabkan pankreas Anda menghasilkan lebih sedikit enzim yang yang diperlukan untuk mencegah dan memproses nutrisi dari makanan yang Anda makan. Ini menyebabkan kekurangan gizi, diare dan penurunan berat badan, meski Anda mengonsumsi makanan yang sama atau jumlah makanan yang sama.

7. Kanker pankreas
Peradanan dalam jangka panjang di pankreas Anda yang disebabkan oleh pankreatitis akut merupakan faktor risiko untuk mengembangkan kanker pankreas.

 
(ELG)