Cara Membiasakan Puasa pada Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 04 May 2018 15:15 WIB
puasakeluarga
Cara Membiasakan Puasa pada Si Kecil
Terkait kebutuhan gizi, dr. Jovita mengingatkan agar anak dibekali dengan multivitamin dan banyak minum air putih selama menjalani momen puasa. (Foto: London Scout/Unsplash.com)

Jakarta: Tak sedikit orang tua yang mengajarkan puasa pada sang buah hati sejak usia dini. Namun, beberapa orang tua bingung, apakah langsung mengajarkan puasa satu hari penuh atau setengah hari dulu?

"Hal itu tergantung kemampuan anak, tak bisa dipaksa langsung," jawab ahli gizi klinis dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dalam peluncuran kampanye Halodoc #PuasaSehat, Jumat 4 Mei 2018.

Menurutnya, hal lain yang lebih dulu harus diajarkan pada anak adalah kebiasaan. Misalnya, anak dibiasakan untuk sahur dan berbuka puasa bersama keluarga. 

"Awalnya semampunya saja, bila bisa setengah hari sudah bagus. Yang penting sahur dan buka puasa bersama."


(Asupan gizi tetap harus sesuai dengan kebutuhan tubuh di mana konsumsi sayuran dan buah-buahan dianjurkan diperbanyak pada anak-anak. Foto: Anton Darius/Unsplash.com)

(Baca juga: Cara Efektif Mengajari Anak Berpuasa)

Kemudian, terkait kebutuhan gizi, dr. Jovita mengingatkan agar anak dibekali dengan multivitamin dan banyak minum air putih selama menjalani momen puasa. 

Asupan gizi tetap harus sesuai dengan kebutuhan tubuh di mana konsumsi sayuran dan buah-buahan dianjurkan diperbanyak. 

"Kebutuhan anak-anak itu juga banyak, jadi pastikan kebutuhan gizi sesuai dengan usia dan tubuh," tutupnya. 





(TIN)