Empat Provinsi di Indonesia Masih Rentan DBD

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 17 Jul 2018 16:56 WIB
demam berdarah
Empat Provinsi di Indonesia Masih Rentan DBD
(Foto: Health Xchange)

Jakarta: Incidence rate (IR) kasus dengue di Indonesia tahun lalu secara keseluruhan berada di bawah rata-rata IR Nasional yang berada pada angka 49 per 100 ribu penduduk. Tahun 2017, IR dengue berada pada angka 26,8 per 100 ribu penduduk.

Kepala Subdit Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit Kementerian Kesehatan RI Dr Suwito, M.Kes mengungkapkan ada empat provinsi yang masih di atas angka tersebut.

"Beberapa daerah dengan IR di atas 49 adalag Aceh, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Bali," ujarnya dalam Bayer media briefing, Selasa 17 Juli 2018.

Sementara, Papua Barat adalah salah satu provinsi dengan tingkat IR dengue paling rendah, tambah Guntur Argana selaku Kasubdit Pengendalian Arbovirosis Kementerian Kesehatan RI pada kesempatan yang sama.

Suwito menjelaskan, angka tersebut bisa ditekan dengan mengembangkan beberapa strategi seperti penguatan sumber daya manusia (SDM), pemberdayaan masyarakat, pengawasan, hingga kolaborasi berbagai pihak.

Penguatan SDM dan pemberdayaan masyarakat adalah dua hal yang tak bisa dilakukan sendiri dimana pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat perlu bekerja sama. SDM perlu dibekali dengan pengetahuan sehingga bisa memantau lingkungan sekitar, setidaknta rumah sendiri. Salah satu aplikasi dari upaya tersebut adalah program 1 rumah 1 jumantik.

Selain itu, kombinasi dari upaya pencegahan juga salah satu upaya untuk memberantas nyamuk secara efektif, misalnya dengan menggabungkan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan fogging.

"PSN, salah satunya dengan program 1 rumah 1 jumantik, digabung dengan fogging supaya leih maksimal. Jadi berantas nyamuk pradewasa dan dewasa," papar Suwito. 





(DEV)