Cegah Kebotakan dengan 5 Makanan Ini

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 19 Jun 2018 15:23 WIB
tips kesehatan
Cegah Kebotakan dengan 5 Makanan Ini
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Rambut yang tumbuh subur dan hitam menandakan pertumbuhannya sehat. Namun, tak sedikit orang yang mengalami kerontokan rambut dan kebotakan, terutama pria. 

Pertumbuhan rambut berkaitan dengan gizi. Semakin baik asupan gizi Anda, pertumbuhan rambut Anda makin cepat. Berikut makanan terbaik untuk rambut yang sehat. 

1. Telur dan produk susu

Biotin atau vitamin B7 merupakan solusi pertumbuhan rambut untuk orang-orang yang terkena kebotakan. Sumber B7 bisa ditemukan pada produk susu, yogurt, dan keju. Selain itu, jenis makanan ini mengandung protein, vitamin B12, zat besi, seng,  asam lemak omega 6 yang baik untuk mendorong pertumbuhan rambut.

2. Oat

Sarapan semangkuk oat setiap hari efektif melawan kebotakan. Oat dikenal kaya akan serat, seng, asama lemak omega 6 dan asam lemak tak jenuh ganda, serta vitamin B yang mampu mendorong pertumbuhan rambut. Di dalamnya juga terkandung beta glucan yang mampu memperkuat folikel rambut.

3. Almond

Kacang almond mengandung banyak kandungan biotin dan magnesium yang penting untuk menumbuhkan rambut sehat. Sehingga mengonsumsinya secara teratur akan membuat rambut lebih tebal dan sehat.

4. Kenari

Kacang kenari juga dikenal mengandung asam lemak omega dan vitamin B7 yang mampu mencegah rambut rontok serta memperkuat folikel rambut.

5. Stroberi

Tak banyak yang tahu bahwa buah yang rasanya asam ini ternyata kaya silika mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, stroberi memiliki asam ellagic yang membantu melindungi rambut dari kerontokan.




(DEV)