4 Kulit Buah Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Raka Lestari    •    Minggu, 01 Apr 2018 16:00 WIB
tips kesehatan
4 Kulit Buah Ini Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Kulit buah hampir selalu berakhir di tempat sampah. Padahal, sisa makanan ini masih bisa dimanfaatkan.

Dilansir dari Reader Digest, kulit buah dan sayur mungkin terlihat tak berguna lagi, tetapi sebenarnya masih memiliki manfaat.

1. Kulit semangka

Pada penelitian tahun 2008, para peneliti Texas A & M University menemukan bahwa kulit buah semangka memiliki konsentrasi senyawa citrulline yang tinggi, yang bisa diubah oleh tubuh menjadi asam amino untuk meningkatkan sirkulasi dan mengendurkan pembuluh darah.

2. Kulit pisang

Menurut studi pada 2013, sekitar 40 juta ton kulit pisang di seluruh dunia dibuang atau tidak digunakan setiap tahun. Sebuah artikel 2011 dalam Biokimia Terapan dan Bioteknologi menemukan bahwa kulit pisang mengandung banyak antioksidan yang sehat seperti karotenoid dan polifenol sehingga bisa digunakan untuk memoles bahan yang terbuat dari kulit, menyembuhkan luka, atau untuk menyuburkan tanaman.

3. Kulit kentang

Kulit kentang dapat menghilangkan dan mengurangi lingkaran di bawah mata. Ini karena zat  katekolase, enzim yang ditemukan dalam kentang yang memiliki sifat-sifat pencerah kulit.

4. Kulit bawang

Kulit bawang kaya akan nutrisi seperti quercetin, pigmen tumbuhan yang dapat mencegah arteri tersumbat, menurunkan gula darah, dan mengurangi peradangan. Meskipun kulitnya tidak dapat dimakan, Anda masih dapat memetik manfaat kesehatan dengan menambahkan kulit bawang ke kaldu saat memasak sup dan rebusan.


Lihat video:


 


(DEV)