Panduan Pola Makan untuk Penderita Hipotiroid

Nia Deviyana    •    Senin, 28 May 2018 16:43 WIB
tips kesehatan
Panduan Pola Makan untuk Penderita Hipotiroid
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Belum banyak orang peduli pada kesehatan tiroid. Padahal, gangguan pada kelenjar ini bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Hipotiroid merupakan salah satu contoh gangguan tiroid paling banyak penderitanya, tetapi jarang disadari. 

Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di bawah tenggorokan dan memiliki peran penting dalam hampir setiap proses metabolisme tubuh. Tiroid menghasilkan beberapa hormon utama, salah satunya tiroksin.

Hipotiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid menjadi kurang aktif sehingga menghasilkan hormon lebih sedikit sehingga menyebabkan kenaikan berat badan, peningkatan kadar kolesterol, dan kulit kering. Hipotiroid juga dapat menyebabkan pembesaran tiroid (gondok) jika tidak ditangani.

Karena efek dari kondisi ini sangat tampak pada area pinggang dan kesehatan mental, penting bagi penderita untuk menjalani pola makan tepat. Berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan para ahli, dilansir dari Indian Express.

1. Ikan

Hipotiroid dapat meningkatkan kolesterol jahat yang bisa berlanjut pada kemungkinan penyakit jantung. Mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membangun kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ikan juga mengandung selenium yang membantu mengaktifkan hormon tiroid.

Sakshi Chopra, konselor bariatrik dan ahli gizi di Rumah Sakit Jaypee, Noida juga menyarankan untuk menambahkan daging dan telur pada menu Anda. 

2. Biji-bijian utuh

Konstipasi adalah salah satu efek dari hipotiroid sehingga Anda butuh banyak asupan serat. Biji-bijian utuh, sereal, dan pasta merupakan pilihan yang baik.

3. Buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak antioksidan yang membantu membangun kekebalan tubuh. Dr Niyati Likhite, ahli diet di Rumah Sakit Fortis India menyarankan untuk rajin mengonsumsi apel, pepaya, semangka, dan nanas. Sementara buah pisang harus dihindari.

4. Produk susu

Susu mengandung nutrisi penting seperti vitamin D, kalsium, yodium, dan protein. Menurut sebuah penelitian dalam jurnal thyroid edisi agustus 2011, ada hubungan antara defisiensi vitamin D dan penyakit Hashimoto, efek paling umum dari hipotiroid.

5. Kedelai

Banyak orang memilih susu kedelai karena rendah lemak. Namun, pada penderita hipotiroid, segala sesuatu yang berasal dari kedelai dapat menghambat aktivitas hormon tiroid. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi kedelai setiap hari.

6. Kembang kol, kubis, kale, brokoli

Sayuran seperti brokoli mengandung gaitrogens yang dapat mengganggu fungsi normal kelenjar tiroid. Namun, memasak atau mengukusnya dapat menonaktifkan goitrogen pada sayuran tersebut. Beberapa buah yang mengandung goitrogen seperti ubi jalar, singkong, dan stroberi juga sebaiknya dihindari.

7. Gluten

Penderita hipotiroid bisa sensitif terhadap gluten sehingga harus membatasi asupan makanan seperti gandum, barley, dan oat.

8. Kacang

Kacang pinus dan kacang tanah juga mengandung goitrogen yang harus dibatasi konsumsinya. Jika pasien hipotiroid mencari diet untuk menurunkan berat badan, para ahli menyarankan untuk mengikuti diet hypocaloric yang sangat rendah kalori.

Karena metabolisme berjalan lambat, pasien juga disarankan untuk tetap aktif sebisa mungkin seperti berolahraga selama 30-45 menit sehari dan berjalan kaki sesering mungkin.




(DEV)